Viral Pemotor Tanpa Helm Kena Tilang ETLE di Sawah, Ini Kata Polisi

- 23 Juni 2022, 15:17 WIB
Viral pemotor di Sukoharjo kena tilang di jalan sekitar persawahan, polisi beri keterangan.
Viral pemotor di Sukoharjo kena tilang di jalan sekitar persawahan, polisi beri keterangan. /Pixabay/Minh82bn dan Humas Polda Jateng

RANAH PADANG - Viral di media sosial, seorang pengendara memngunggah surat tilang elektronik atau ETLE yang dikirimkan pihak Kepolisian.

Dalam surat tilang tersebut dinyatakan dirinya telah melanggar karena tidak menggunakan helm di jalan pinggir sawah di daerah Sukoharjo.

Polisi memberikan klarifikasi dan penjelasan terkait pemotor yang ditilang ETLE hingga mengirimkan surat tilang elektronik terhadap pengendara motor di Sukoharjo, Semarang tersebut.

Menurut polisi, tindakan tilang ETLE pada pemotor tersebut viral di media sosial dan menjadi sorotan publik lantaran pengendara motor itu disebut-sebut adalah petani.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. M Iqbal Alqudusy lalu meluruskan komentar netizen yang banyak mempertanyakan alasan mengapa seorang petani bisa kena tilang ETLE saat berkendara di pesawahan.

Mulanya, Iqbal menyampaikan terima kasih atas masukan dari netizen di media sosial. Dia lalu menjelaskan tentang kejadian sebenarnya yang dialami pemotor dalam unggahan foto surat tilang yang viral itu.

Menurutnya, narasi di media sosial yang menyebut pemotor ditilang di pesawahan tidak benar, melainkan pemotor itu kena ETLE karena melintas di jalan penghubung kabupaten.

"Pengendara motor tersebut bukan petani yang hendak meladang lho, dan yang bersangkutan sudah mengakui kesalahannya. Bapak tersebut langsung menghubungi satlantas dan membayar denda melalui Briva," ucapnya, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulis yang diterima prfmnews.id hari ini Kamis, 23 Juni 2022.

Penindakan ETLE oleh Polres Sukoharjo, lanjutnya, betul-betul dilaksanakan dengan mengutamakan kepentingan warga dan bertujuan utama untuk mengedukasi masyarakat agar tertib aturan dalam berkendara.

Halaman:

Editor: Halbert Caniago


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah