Perolehan Kursi DPRD Agam Ditetapkan, Ini Partai Terbanyak!

- 6 Mei 2024, 14:47 WIB
Ilustrasi anggota DPRD
Ilustrasi anggota DPRD /PRFM News/

MARAWATALK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam telah mengumumkan jumlah kursi yang berhasil diraih oleh para calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat berdasarkan hasil Pemilihan Umum 2024.

Hal tersebut ditetapkan berdasarkan rapat pleno yang diselenggarakan oleh KPU Agam. Adapun dari 10 partai politik, berhasil mendapatkan kursi di DPRD Agam, dengan total 45 kursi tersedia.

Dari 10 partai politik tersebut diantaranya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapatkan 9 kursi, disusul oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 7 kursi, Partai NasDem dengan 6 kursi, dan Partai Demokrat yang juga memperoleh 6 kursi.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mendapatkan 5 kursi, diikuti oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 5 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 4 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 1 kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) dengan 1 kursi, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan 1 kursi.

Baca Juga: SEMARAKAN PILKADA 2024 KPU Agam Gelar Lomba Cipta Maskot, Ayo Rebut Hadiah Jutaan Rupiah!

"Dengan demikian, pengumuman ini menegaskan jumlah kursi yang diraih oleh masing-masing partai politik dan menandai selesainya tahapan penting dalam proses Pemilu 2024 di Kabupaten Agam," ungkap Ketua KPU Agam, Herman Susilo, Senin 6 Mei 2024.

PKS peroleh kursi terbanyak

Dalam rapat pleno, KPU Agam mengonfirmasi bahwa PKS berhasil mendapatkan kursi terbanyak dalam hasil Pemilihan Umum 2024 untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agam.

Herman Susilo, menjelaskan bahwa hasil ini telah ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 469 tahun 2024. SK ini memuat informasi lengkap mengenai jumlah kursi diperoleh oleh masing-masing partai politik yang berpartisipasi dalam pemilihan anggota DPRD Agam.

SK Nomor 469 tahun 2024 menjelaskan penetapan perolehan kursi setiap partai politik peserta pemilu. Berdasarkan ketetapan ini, PKS menjadi partai dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD Agam.

Baca Juga: TPS 08 Manggopoh Terpaksa Lakukan Pemungutan Suara Ulang, KPU Agam Sebut Ini Penyebabnya!

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah