Peneliti University Teknologi Malaysia Ungkap Peningkatan Lama Sekolah di Pesisir Selatan Capai 0,16 Poin

- 8 April 2024, 21:54 WIB
Dosen dan peneliti di University Teknologi Malaysia (UTM) Apri Junaidi / marawatalk / ist
Dosen dan peneliti di University Teknologi Malaysia (UTM) Apri Junaidi / marawatalk / ist /


MARAWATALK - Berkembangnya informasi yang menyebut terjadinya trend peningkatan lama sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tidak hanya menjadi perhatian masyarakat di daerah setempat melainkan juga ditanggapi salah seorang diaspora yang saat ini menjadi dosen dan peneliti di University Teknologi Malaysia (UTM) Apri Junaidi.

"Setelah ditelisik dengan membuka data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat justru terjadi kenaikan yang menunjukan tren positif," kata Apri Junaidi, Senin 08 April 2024.

Berdasarkan data BPS tersebut, kata dia, dengan jelas terdapat peningkatan lama sekolah di Pesisir Selatan dari tahun ke tahun.

"Ini dapat diinterpretasikan sebagai peningkatan prestasi, karena menunjukan adanya kemajuan dalam durasi pendidikan rata-rata" jelas alumni SMA Negeri 1 Lengayang tahun 1993 itu.

Menurutnya, durasi rata-rata lama sekolah yang dijalani oleh penduduk di Pesisir Selatan, tahun 2021: 8,27, 2022 : 8,43, dan tahun 2023: 8,58.

"Dapat dilihat bahwa setiap tahunnya terjadi peningkatan 0,15 hingga 0,16 poin" urainya.

Ini menunjukan tren positif dan konsisten dalam peningkatan lama sekolah.

"Hal ini tentu berkaitan dengan akses pendidikan, kualitas yang makin baik, atau kebijakan pendidikan yang efektif" tuturnya.

Baca Juga: Bupatinya Raih Dewi Sartika Awards 2024, Pesisir Selatan Berhasil Tingkatkan Trend Rata Rata Lama Sekolah

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x