GAGAL PANEN Akibat Banjir, Warga Pertanyakan Program Ekskavator! Pemkab Solok Selatan Berikan Respon

- 18 Januari 2024, 17:56 WIB
GAGAL PANEN Akibat Banjir, Warga Pertanyakan Program Ekskavator! Pemkab Solok Selatan Berikan Respon
GAGAL PANEN Akibat Banjir, Warga Pertanyakan Program Ekskavator! Pemkab Solok Selatan Berikan Respon /Jefli Bridge

MARAWATALK- Akibat banjir menyebabkan tanggul penahan tebing sungai Batang Bangko jebol dan merendam areal pertanian masyarakat di Jorong Bangko Tangah Nagari Bomas Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan (Solsel).

Imbasnya, areal pertanian sekitar 5 haktare dari Bangko Tangah sampai ke Bentiang Nagari Bomas Koto Baru gagal panen dan terancam tidak bisa produksi.

Kondisi ini disebabkan, material sungai Batang Bangko berupa pasir dan kerikil terbawa arus sungai yang mengalir ke areal pertanian warga. Aliran sungai menyebar ke lahan pertanian warga.

"Sawah dan areal pertanian tidak bisa produksi. Butuh diperbaiki tebing sungai yang jebol dan menggarap secara massal lokasi pertanian terdampak menggunakan alat berat (ekskavator)," kata Pemuda setempat, Indra dan Yarsil, Kamis 18 Januari 2024.

Baca Juga: SUMBAR HARI INI Petani Gagal Panen Akibat Air Sungai Batang Bangko Meluap ke Areal Pertanian di Solok Selatan 

Pihaknya mempertanyakan program unggulan pemerintah kabupaten (Pemkab) Solsel, satu ekskavator untuk satu kecamatan, agar bisa memperbaiki lahan pertanian mereka.

"Mana yang katanya ekskavator satu kecamatan, satu ekskavator?," tanya dia.

Pemkab Solsel Respon Pertanyaan Warga 

Menanggapi itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Perumahan (PUTRP) Solok Selatan, Alvino Sendra ketika dihubungi mengatakan bahwa untuk tanggap darurat akibat bencana alam di Sungai Batang Bangko, program satu ekskavator satu kecamatan tidak tepat karena merupakan domain atau kewenangan BWSS V.

Baca Juga: INFO TERKINI Banjir Longsor di Silareh Aia Agam, Rendam 50 Rumah Warga dan Akibatkan Akses Jalinsum Terganggu

Halaman:

Editor: Jefli Bridge


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x