INFO CUACA SUMBAR Secara Umum Cerah Berawan, Ada Potensi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Kabupaten

- 15 Desember 2023, 11:17 WIB
Ilustrasi Cuaca Cerah Berawan
Ilustrasi Cuaca Cerah Berawan /

MARAWATALK-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memperbaharui prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang berlaku sejak Jumat 15 Desember hingga Minggu 17 Desember 2023.

Prakirawan BMKG melalui situs https://www.bmkg.go.id/, dikutip pada Jumat 15 Desember 2023, menyebutkan secara umum kondisi cuaca di Sumbar terpantau cerah berawan dan diprediksi dapat terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah kabupaten dan kota di provinsi itu.

Untuk prakiraan Cuaca Sumatera Barat pada Jumat 15 Desember 2023, terpantau pada pagi Cerah Berawan dan siang hingga sore hari ada potensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Solok, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Dharmasraya.

Sementara potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi dapat terjadi di wilayah Kabupaten Pasaman, Agam, Lima Puluh Kota, Sijunjung, Kabupaten Solok dan Solok Selatan.

Baca Juga: INFO CUACA SUMBAR Sebagian Cerah Berawan, Pasaman Barat, Pasaman dan Agam Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat

BMKG Terbitkan Peringatan dini Cuaca Buruk, Ini Wilayah yang Terdampak

BMKG Ingatkan Kewaspadaan Cuaca Buruk
BMKG Ingatkan Kewaspadaan Cuaca Buruk

Baca Juga: INFO CUACA SUMBAR Diprediksi Cerah Berawan, Pasbar Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat

Untuk prakiraan cuaca pada malam hari, BMKG memperkirakan kondisi Berawan disertai potensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Payakumbuh, Tanah Datar, Solok dan Solok Selatan.

Sementara potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota, Sijunjung dan Dharmasraya dengan suhu udara berkisar antara 16 – 31°C, kelembaban udara berkisar antara 70 – 98% dan diperkirakan angin bergerak dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan 10 – 28 Km/jam.

Pada kesempatan itu BMKG juga menerbitkan peringatan dini waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir/kilat pada sore hingga malam hari di wilayah Kabupaten Pasaman, Agam, Lima Puluh Kota, Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Dharmasraya dan sekitarnya.***

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x