Lestarikan Kebudayaan Kerajaan Inderapura, Nagari Teluk Kualo Gelar Bimbang Nagari

- 29 November 2023, 19:58 WIB
Wali Nagari Tluk Kualo, Dedi Joafnaldi menerima penghargaan dari Pemkab Pesisir Selatan atass pelaksanaan kegiatan Bimbang Nagari
Wali Nagari Tluk Kualo, Dedi Joafnaldi menerima penghargaan dari Pemkab Pesisir Selatan atass pelaksanaan kegiatan Bimbang Nagari /marawatalk / Didi Someldi Putra/

Marawatalk - Pemerintah Nagari Teluk Kualo, Kecamatan Air Pura, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar kegiatan Bimbang Nagari dalam rangka melestarikan kebudayaan Kerajaan Inderapura yang merupakan salah satu kerajaan besar di pantai barat sumatera sekitaran abad ke-16 dan 17.

"Sebagai anak nagari kami berupaya untuk melestarikan kebudayaan Kesultanan Inderapura, salah satunya ialah dengan digelarnya kegiatan Bimbang Nagari ini," kata Wali Nagari Teluk Kualo, Dedi Joafnaldi disela kegiatan di Teluk Kualo, Rabu, 29 November 2023.

Baca Juga: Berbagi Kebahagiaan HUT ke-8, Shopee 12.12 Birthday Sale Bagi-bagi Cashback 40% dengan Belanja di Shopee Video

Dedi menambahkan jika kata bimbang yang merupakan bahasa setempat diartikan ke bahasa umum maka dapat diartikan sebagai alek atau hajatan, sehingga kegiatan Bimbang Nagari bisa juga disebut dengan Alek Nagari atau Hajatan Nagari.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Pesisir Selatan, Gunawan yang hadir mewakili kepala daerah setempat, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang digelar.

Baca Juga: Netanyahu 'Curhat Ingin Merubah Gaza, Sebut Tindakan Genosida di Gaza Bentuk Deradikalisasi

Menurutnya Gunawan kegiatan yang digelar merupakan langkah konkrit dalam rangka mempertahankan kebudayaan lokal ditengah tingginya arus perubahan.

"Hal ini penting sehingga kebudayaan tempo dulu tetap bisa dipertahankan dan tidak terdegradasi," ungkapnya.

Dia secara umum menambahkan bahwa pemerintah kabupaten setempat juga mulai intens memperhatikan sektor kebudayaan, salah satunya ialah dengan mewacanakan pembentukan peraturan daerah tentang kemajuan kebudayaan yang didalamnya dimungkinkan untuk dilakukan inventarisasi kebudayaan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah