Dari Bimtek Sadar Wisata Angkatan ke-XX Sumbar: Sapta Pesona Kunci Menuju Pariwisata yang Berkompetensi

- 7 November 2023, 21:57 WIB
Kegiatan Bimtek Sadar Wisata Angkatan ke-XX yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, di Hotel Axana Kota Padang, Minggu-Senin, 5-6 November 2023.
Kegiatan Bimtek Sadar Wisata Angkatan ke-XX yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, di Hotel Axana Kota Padang, Minggu-Senin, 5-6 November 2023. /Marawatalk/Rafika Santi R/

 

MARAWATALK-Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang sadar wisata untuk Angkatan XX, kali ini dipusatkan di Hotel Axana Kota Padang, pada Minggu-Senin, 5-6 November 2023.

Pada kegiatan kali ini, pihak Dinas Pariwisata provinsi itu menghadirkan 4 narasumber sebagai pemateri dan diikuti sekitar 100 peserta pelaku ekraf dari berbagai daerah di Sumbar.

Wakil Ketua Badan Pengelola Geopark Ngarai Sianok Maninjau, H Jakfar, pada kesempatan itu menjelaskan Sapta Pesona adalah jabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif.

"Bimtek ini bertujuan untuk mendukung adanya pengembangan kawasan dengan konsep geopark di Sumbar yang berpatokan pada konservasi, edukasi dan geowisata," sebutnya.

Menurutnya, potensi Geopark Sumbar jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

"Pokdarwis dan penggiat wisata agar memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat (Empowering) dengan menyediakan input (Masukan) serta pembukaan akses ke berbagai peluang yang akan membuat masyarakat semakin berdaya dalam memanfaatkan peluang," ucapnya.

Baca Juga: Akting Rio Dewanto Terungkap di Behind The Scene Terbaru “13 Bom di Jakarta”, Sosok Teroris yang Mengerikan?

Ismet Amziz Ungkap Peran DPRD dalam Memajukan Daerah melalui Sektor Pariwisata

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ismet Amzis, saat memberikan pemaparan pada kegiatan Bimtek Sadar Wisata angkatan ke XX
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ismet Amzis, saat memberikan pemaparan pada kegiatan Bimtek Sadar Wisata angkatan ke XX

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x