Tahukah Anda Apa Perbedaan Infak dengan Sedekah? Yuk Simak

- 21 Agustus 2023, 16:12 WIB
Ilustrasi infak dan sedekah
Ilustrasi infak dan sedekah /MARAWATALK/ iStock /

MARAWATALK - Agama Islam mengajari kita untuk mengerjakan kebajikan setiap saat. Salah satunya adalah dengan infak dan sedekah. Berinfak dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan merupakan kebaikan yang memiliki nilai pahala besar bagi mereka yang melakukan secara ikhlas.

Tahukah Anda apa perbedaan infak dengan sedekah? Dikutip dari halaman Kemenag, berikut ini dijelaskan tentang pengertian infak dan sedekah.

INFAK

Secara etimologi, infaq berasal dari kata anfaqa (Bahasa Arab) yang berarti mengeluarkan atau membelanjakan harta. Sedangkan menurut terminologi syariat, infaq berarti mengeluarkan sebagian dari harta atau penghasilan untuk kepentingan yang diperintahkan Islam. Seperti, menafkahi keluarga, membantu yatim piatu, fakir, miskin, operasional masjid, menolong orang yang terkena musibah, dan sebagainya.

Ada beberapa sifat hukum infaq menurut Ahli:

Pertama, Fardhu ‘Ain yakni berlaku saat menafkahi keluarga seperti anak, istri dan orang yang dalam tanggungan. Kedua, Fardhu Kifayah, yaitu suatu kewajiban bagi sekelompok orang untuk melaksanakan perintah Allah SWT sesuai ketentuan syariat, namun bila sudah dilaksanakan oleh seseorang atau beberapa orang maka kewajiban ini gugur.

Baca Juga: Iklim Tidak Menentu dan Cuaca Semakin Panas, Itu Akibat Global Warming

Misal, mengisi uang ke kotak amal untuk operasional dan perawatan masjid adalah infak, bukan sedekah. Amalan itu hukumnya fardhu kifayah. Sebab bila tidak ada yang menyumbang maka kegiatan masjid tidak jalan, dan hal itu menjadi tanggung jawab masyarakat sekitar masjid, semuanya berdosa jika tidak dilaksanak.

Kedua, Sunnah yakni pemberian sesuatu (materi) kepada siapapun tanpa ada ketentuan wajib atau syarat – syarat khusus yang mengaturnya.

Infaq tidak mengenal nisab seperti halnya zakat. Allah memberi kebebasan kepada pemiliknya untuk menentukan waktu dan besaran harta yang dikeluarkannya sebagai cerminan kadar keimanan seseorang.

Dalam al-Qur'an perintah Infaq ditujukan kepada setiap orang yang bertaqwa, baik yang berpenghasilan tinggi maupun rendah, apakah ia di saat lapang maupun sempit.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah