Siap Dukung Rehabilitasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Dingin di Agam, Kementrian PUPR Sorot Prioritas Ini!

- 16 Mei 2024, 21:35 WIB
Kementrian PUPR Siap Dukung Rehabilitasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Dingin di Agam
Kementrian PUPR Siap Dukung Rehabilitasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Dingin di Agam /Marawatalk/Ist

MARAWATALK- Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menyatakan siap mendukung upaya rehabilitasi dan rekonstruksi kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, yang terdampak bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi.

Sekjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Riono Suprapto mengatakan, pihaknya telah menerima laporan penanganan tanggap darurat dari Pemerintah Kabupaten Agam. Menyikapi hal itu, pihaknya berkomitmen mendukung upaya tersebut.

"Pemkab Agam telah menyampaikan laporan penanganan tanggap darurat kepada kami serta meminta penanganan yang dapat dilakukan oleh Pemda untuk difasilitasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum, seperti jembatan dan fasilitas umum lainnya," kata Riono, Kamis 16 Mei 2024.

Riono mengatakan, dalam pertemuannya bersama pihak Pemerintah Kabupaten Agam, prioritas yang disorot saat ini adalah mendukung kondisi darurat yang terjadi.

Hal ini mencakup pemenuhan kebutuhan mendesak seperti pasokan air bersih yang memadai, penyediaan toilet portabel untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat, serta penyediaan fasilitas pendukung lainnya yang diperlukan dalam situasi darurat tersebut.

Di samping itu, Riono juga menegaskan komitmen pemerintah untuk mendukung inisiatif pembangunan rumah bagi para warga yang terkena dampak bencana alam tersebut. Namun, sebagai syarat, warga diharapkan untuk menyediakan lahan secara mandiri sebagai kontribusi mereka dalam proses pembangunan tersebut.

Baca Juga: Bantu Korban Bencana Alam di Sumbar, Prabowo Subianto Sampaikan Ini!

"Kami juga akan memberikan bantuan dalam pembangunan perumahan bagi warga yang terdampak, dengan catatan bahwa mereka memiliki lahan tersendiri," terangnya.

Pulihkan kondisi masyarakat

Sementara, Sekda Agam, Edi Busti mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya maksimal dalam penanganan pascabencana banjir bandang lahar dingin yang melanda wilayah setempat. Selain itu, pihaknya mengapresiasi atas komitmen dari kementrian PUPR RI.

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum. Pemkab Agam akan memastikan semua bantuan ini tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. Kami juga terus bekerjasama dengan semua pihak terkait guna mempercepat proses pemulihan pascabencana," terangnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah