143 Balon Walinagari di Tanah Datar Ikuti Tes Tertulis dan Wawancara

- 14 Agustus 2023, 22:38 WIB
Bupati Tanah Datar Eka Putra poto bersama dengan balon Wali Nagari
Bupati Tanah Datar Eka Putra poto bersama dengan balon Wali Nagari /MARAWATALK/ Fernando Yudistira /

MARAWATALK - Sebanyak 143 orang bakal calon (Balon) walinagari di Kabupaten Tanah Datar mengikuti seleksi tes tertulis dan wawancara di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, pada Senin, 14 Agustus 2023.

Tahapan seleksi melibatkan berbagai unsur, yaitu Akademisi, Birokrat, MUI, LKAAM, Bundo Kanduang dan unsur pemerintahan. Hal ini dilakukan karena di Sumatera Barat (Sumbar) berlaku adat salingka nagari dan falsafah Adat Basandi Syara’ dan Syara’ Basandi Kitabbullah.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan seleksi balon Wali Nagari ini akan melibatkan unsur dari Akademisi, Birokrat, MUI, LKAAM, Bundo Kanduang dan unsur pemerintahan. Itu dilakukan karena di Sumatera Barat berlaku adat salingka nagari dan falsafah Adat Basandi Syara’ dan Syara’ Basandi Kitabbullah.

 "Seleksi yang dilakukan ini merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan dilakukan oleh tim khusus dari berbagai unsur yang bekerja secara independen," kata Eka.
Eka Putra menghimbau kepada peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik agar proses seleksi berjalan lancar, menghasilkan nilai yang terbaik.

“Kami yakin dan percaya bahwa seluruh peserta seleksi hari ini merupakan orang-orang terbaik di nagari masing-masing dan telah mempersiapkan diri untuk mengabdi dan membangun nagari nya masing-masing," ujarnya.

Eka Putra mengharap kepada peserta untuk tidak berkecil hati, jika seandainya tidak lolos seleksi kali ini.

"Dalam sekelsi pasti ada yang lolos dan tidak. Jika seandainya tidak lolos jangan berkeci hati, karena masih banyak cara lain yang bisa ditempuh untuk mengabdi kepada masyarakat," terang Eka.

Pemilihan Wali Nagari Serantak Dilaksanakan di 75 Nagari

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah (Sekda), Iqbal Ramadi Payana selaku ketua pelaksana pemilihan mengatakan, tahapan pemilihan calon walinagari secara serentak dimulai sejak 12 Mei sampai 13 November 2023 mendatang.

Sedangkan, untuk seleksi balon walinagari yang lebih dari 5 orang calon nya dilaksanakan dari 14-16 Agustus 2023 ini.

Halaman:

Editor: Al Afif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x