Korlantas Polri Ganti Skema Uji SIM, ini Bentuk Skemanya

- 6 Agustus 2023, 18:56 WIB
Korps lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar uji coba perubahan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jumat, 4 Agustus 2023.
Korps lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar uji coba perubahan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jumat, 4 Agustus 2023. /MARAWATALK/ Istimewa /

MARAWATALK - Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menyampaikan saat ini korlantas mengganti skema uji Surat Izin Mengemudi (SIM). Selain itu mengubah lintasan dan juga meluncurkan buku ujian materi.

Hal itu disampaikan Irjen Firman Santyabudi saat Korps lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar uji coba perubahan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jumat, 4 Agustus 2023.

“Skemanya yang dulu berbentuk angka 8, kini membentuk huruf S. Selain itu mengubah lintasan dan meluncurkan buku ujian materi SIM A dan C agar dapat dipelajari masyarakat,” jelas dia.

Baca Juga: Perundungan Kian Marak di Kalangan Pelajar, Legislator: Keseriusan Pejabat Dimana?

Dia menerangkan, kegunaan dari buku ujian materi untuk dipelajari masyarakat sebelum menjalani tes teori dan kurikulum terbaru ini diharapkan mampu mempermudah para peserta ujian SIM.

“Kami sudah memberlakukan beberapa revisi terkait ujian praktik SIM, intinya dipermudah,” terang Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Selain Korlantas Polri Ganti Lintasan, Ada Lima Poin Rintangan Ujian

Layout lintasan S pada prosedur ujian SIM yang baru, mulai diterapkan Senin, 7 Agustus.
Layout lintasan S pada prosedur ujian SIM yang baru, mulai diterapkan Senin, 7 Agustus.

Dia mengatakan, pada kurikulum terbaru, lintasan berbentuk ‘8’ dan zig-zag dihilangkan, diganti dengan lintasan baru berbentuk ‘S’ yang ditempatkan di area berukuran 30 x 35 meter.

Lanjut dia, ukuran lebar lintasan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan, dari sebelumnya yang hanya 1,5 kali lebar kendaraan. Totalnya, ada 5 rintangan yang akan jadi poin penilaian dalam ujian terbaru ini.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah