Launching KMB, Langkah Kemenag Bangun Perdamaian ditengah Kemajemukan

- 27 Juli 2023, 15:14 WIB
Kemenag Pasaman launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Panti dan Padanggelugur
Kemenag Pasaman launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Panti dan Padanggelugur /Rahmat Wahyudi /

MARAWATALK - Jaga toleransi antar umat beragama, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman, launching Kampung Moderasi Beragama (KMB), di Kecamatan Padanggelugur dan Panti, Kamis 27 Juli 2023.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya membentuk toleransi di wilayah itu, khususnya di Jorong Sentosa, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur dan Kampung Cengkeh, Nagari Panti, Kecamatan Panti yang dikenal memiliki kemajemukan, heterogen agama dan etnik.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman, Gusman Piliang menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi dan lounching KMB diselenggarakan sebagai bentuk ikhtiar Kemenag dalam menciptakan suasana yang rukun dan harmonis antar masyarakat beragama.

Baca Juga: Sepatu Produksi Oemah Rajut Tinajoe Diminati Kalangan Menengah Atas di Sumbar

“Jadi, dari kampung moderasi ini diharapkan masyarakat tidak melihat agamanya apa, suku apa, sehingga tidak ada diskriminasi dan tercipta suasana yang rukun dan harmonis antar umat beragama lainnya,” jelas dia.

Diketahui, bahwa program Kampung Moderasi Beragama (KMB) ini, merupakan program yang dimiliki Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau lingkungan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat.

Baca Juga: Versi LHKPN KPK, 31 Bulan Jadi Bupati Agam Harta Kekayaan Andri Warman Naik Rp 4,7 Miliar

“Di Pasaman, kita telah berhasil meresmikan dua Kecamatan sebagai pelopor pokja KMB, yakni Kecamatan Panti dan Kecamatan Padanggelugur,” ujar dia.

Ia berharap, kedepannya seluruh kecamatan di Kabupaten Pasaman dapat mencontoh dua kecamatan itu (Panti dan Padanggelugur) sebagai contoh kampung moderasi beragama.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x