Pawai Pelajar Sepanjang 1 Km Semarakkan Tahun Baru Islam di Pasaman Barat

- 19 Juli 2023, 12:12 WIB
Suasana saat pelepasan Pawai Ta'aruf di Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, pada Rabu pagi
Suasana saat pelepasan Pawai Ta'aruf di Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, pada Rabu pagi /Handro Donal /

MARAWATALK - Dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, para pelajar yang ada di Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan Pawai Ta'aruf, Rabu, 19 Juli 2023.

Para pelajar itu terdiri dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Tsanawiyah. Mereka dilepas dari halaman kantor Wali Nagari Muaro Kiawai.

Camat Gunung, Tuleh M Ghoor mengatakan pawai tersebut merupakan inisiatif dan kerjasama Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimca) Gunung Tuleh.

“Ini inisiatif bersama, yang mana untuk syiar Islam sekaligus untuk menjalin silahturahmi antar warga Kecamatan. Selain itu juga sebagai ajang hiburan bagi masyarakat,” kata M Ghoor kepada Pikiran Rakyat Media Network dilokasi.

Baca Juga: 50 Pelaku UMKM Sumbar Diberi Reward oleh Bukalapak dan Bank Indonesia

Menurut dia, selama ini para pelajar lebih mengenal kalender masehi dari pada kalender hijriah. Sedangkan kalender hijriah sendiri adalah kalendernya umat Islam.

“Seluruh hari besar Islam mengacu pada kalender hijriah. Jadi kegiatan ini bisa jadi salah satu sarana mengenalkan kalender hijriah sekaligus menanamkan rasa cinta Islam,” jelas dia.

Baca Juga: Hoyak Tabuik, Salah Satu Tradisi Meriahkan Tahun Baru Islam di Sumbar

Dia berharap semoga dengan kegiatan tersebut bisa membangkitkan motivasi generasi muda untuk mengikuti kegiatan keagamaan Islam untuk masa-masa selanjutnya.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x