Kadisdik: Nilai Harapan Lama Sekolah di Pesisir Selatan Diatas Nasional

- 9 April 2024, 12:49 WIB
Kepala Disdikbud Pesisir Selatan
Kepala Disdikbud Pesisir Selatan /Marawatalk/

MARAWATALK - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Salim Muhaimin, mengatakan, bahwa dibawah komando Bupati Rusma Yul Anwar harapan lama sekolah di daerah setempat diatas nilai nasional.

"Harapan lama sekolah mengalami peningkatan dari tahun 2022 sebesar 13,35 menjadi 13,36 pada 2023," kata Salim Muhaimin di Painan, Selasa, 9 April 2024.

Baca Juga: JADI POLEMIK, Ternyata! 12 dari 14 Indikator Kinerja Sektor Pendidikan di Pesisir Selatan Alami Peningkatan

Menurutnya terjadi peningkatan sebesar 0,01 point, dan nilai ini di atas nilai Nasional sebesar sebesar 13,15.

Kemudian, rata-rata lama sekolah juga mengalami peningkatan dari tahun 2022 sebesar 8,43 menjadi 8,58 pada 2023 atau meningkat sebesar 0,15 point.

Baca Juga: Peneliti University Teknologi Malaysia Ungkap Peningkatan Lama Sekolah di Pesisir Selatan Capai 0,16 Poin

Secara umum, kata Salim, nilai rata-rata lama sekolah dapat dipengaruhi oleh adanya peserta didik yang melanjutkan jenjang pendidikan ke luar kabupaten, sehingga terhitung tidak melanjutkan pendidikan dan berpengaruh terhadap nilai rata-rata lama sekolah.

Baca Juga: Bupatinya Raih Dewi Sartika Awards 2024, Pesisir Selatan Berhasil Tingkatkan Trend Rata Rata Lama Sekolah

Ukur Indikator Kinerja Pendidikan

Ia mengungkapkan, bahwa, semenjak tahun 2022 Kemendikbud mengeluarkan sebuah platform yang bertujuan mengukur indikitaor kinerja pendidikan daerah yaitu lapor pendidikan dan merupakan indikator yang sangat strategis.

Rapor pendidikan adalah indikator terpilih dari profile pendidikan yang merefleksikan prioritas kemendikbudristek dan digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x