PATROLI Markas PMI Pasaman Barat Siagakan 60 Relawan Siaga Lebaran 2024 di Sejumlah Tempat Wisata

- 7 April 2024, 01:09 WIB
Satgas Relawan Markas PMI Pasaman Barat, memeragakan tahapan pertolongan pertama (PP) yang menjadi salah satu respon darurat Pasbar Siaga Call Centre 112
Satgas Relawan Markas PMI Pasaman Barat, memeragakan tahapan pertolongan pertama (PP) yang menjadi salah satu respon darurat Pasbar Siaga Call Centre 112 /Marawatalk/Rully Firmansyah/

 

MARAWATALK - Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, menyiagakan sebanyak 60 orang relawan siaga Lebaran 2024, di sejumlah tempat wisata di daerah itu, sejak 9 April hingga 16 April 2024.

Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Rida Warsa STP, Sabtu 6 April 2024, menyebutkan para relawan tersebut ditugaskan untuk membantu respon pertolongan pertama dan ambulans gratis bagi para pemudik dan pengunjung objek wisata tersebut.

"Seperti tahun sebelumnya, kegiatan ini dipusatkan di 5 posko dan satu posko utama dimana masing-masing posko akan ditugaskan sebanyak 10 orang relawan secara bergiliran," ungkapnya.

Sebelum diterjunkan, ulas Rida Warsa, para relawan yang akan diterjunkan harus mengikuti pembekalan siaga Lebaran 2024 yang akan diadakan pada Senin 8 April 2024, dengan materi refresh pertolongan pertama dan pembentukan alur koordinasi antara posko lapangan dan posko utama.

Disinggung tentang item layanan yang akan diberikan oleh para relawan tersebut, Rida Warsa mengungkapkan bahwa mereka yang ditugaskan sudah memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka ringan, respon terhadap korban tidak sadarkan diri dan teknik evakuasi korban mulai dari lokasi kejadian hingga diangkut ke rumah sakit menggunakan unit ambulans.

"Saat ini seluruh persiapan sudah memasuki tahap akhir dan para relawan akan dilakukan cek kesehatan agar berada dalam kondisi fit saat melaksanakan tugas kemanusiaan nantinya," jelas Rida.

Baca Juga: PATROLI PMI Bukittinggi Diterjunkan Respon Bencana Bantu Masyarakat Terdampak Banjir Lahar Dingin di Agam

PMI Pasaman Barat juga Siapkan Relawan Siaga Bencana untuk Respon Kedaruratan

Penyaluran bantuan paket menu makanan berbuka puasa oleh relawan PMI Pasaman Barat kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Sinuruik Kecamatan Talamau, Kamis 4 April 2024
Penyaluran bantuan paket menu makanan berbuka puasa oleh relawan PMI Pasaman Barat kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Sinuruik Kecamatan Talamau, Kamis 4 April 2024

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah