Update Bencana di Sumbar: Musibah Banjir Kepung Pasaman, Erupsi Gunung Marapi Picu Hujan Abu di Bukittinggi

- 3 Desember 2023, 18:13 WIB
Kolase Foto bencana di Sumbar
Kolase Foto bencana di Sumbar /

 

MARAWATALK-Bencana beruntun mendadak landa sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar), pada Sabtu 2 Desember 2023 malam, bencana serupa terpantau juga terjadi di kawasan permukiman sekitar Cagar Alam Rimbo Panti di Kecamatan Panti, pada Minggu 3 Desember 2023.

Akibatnya, puluhan hektar lahan pertanian masyarakat di kecamatan tersebut terendam genangan air dengan debit cukup tinggi. Diinformasikan pihak BPBD Kabupaten Pasaman, sebanyak 4 unit rumah terdampak banjir serta lahan pertanian masyarakat juga ikut terendam.

Pantauan Marawatalk, lahan pertanian masyarakat yang terendam banjir mencakup lahan persawahan dan perkebunan jagung. Banjir yang berasal dari luapan bantang sumpur ini tidak hanya merendam lahan pertanian namum juga merendam jalan penghubung Nagari Panti dan Nagari Panti Timur.

Akibatnya warga yang melintas mengalami kesulitan saat melewati jalan ini.

Baca Juga: Jembatan Gantung Dikabarkan Putus, Dua Kampung di Pasaman Terisolasi

Jembatan Gantung Putus di Kecamatan Duo Koto Pasaman, 2 Kampung Terisolasi

Jembatan gantung penghubung dari Muara Tambangan menuju Sigalabur yang putus akibat dihantam banjir pada Sabtu malam, 3 Desember 2023 malam
Jembatan gantung penghubung dari Muara Tambangan menuju Sigalabur yang putus akibat dihantam banjir pada Sabtu malam, 3 Desember 2023 malam

Selain itu, bencana banjir juga terpantau terjadi di Kecamatan Dua Koto dan Kecamatan Mapatunggul Selatan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah