Pemerintah Nagari di Pasaman Barat Diberi Pemahaman Siskeudes Berbasis Online

- 11 Oktober 2023, 07:05 WIB
Staf pemerintah nagari yang ada di Pasaman Barat sedang mengikuti pelatihan aplikasi Siskeudes di Auditorium kantor bupati setempat
Staf pemerintah nagari yang ada di Pasaman Barat sedang mengikuti pelatihan aplikasi Siskeudes di Auditorium kantor bupati setempat /MARAWATALK/ Irfan/undefined

 

MARAWATALK - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Warga Negara (DPMN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera, melaksanakan sosialisasi tata kelola keuangan kota berbasis aplikasi Siskeudes di seluruh Kabupaten Pasaman Barat.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga mengenai pemanfaatan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam pengelolaan keuangan kota.

Sekretaris DPMD Pasaman Barat, Syaikhul Putra mengatakan, di Pasaman Barat terdapat sebanyak 90 pemerintahan nagari, namun setelah ditetapkan 71 nagari maka perlu dimulai pengelolaan keuangan melalui aplikasi Siskeudes.

“Kami ingin ke depan terbebas dari pengelolaan keuangan di kota,” kata Syekh Putra saat membuka kegiatan sosialisasi yang digelar di Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat, Selasa, 10 Oktober 2023.

Baca Juga: Pasbar dan Lima Kabupaten Lain di Sumatera Dapat Perhatian Serius Masalah Stunting

Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 10 Oktober hingga 13 Oktober 2023 dan diikuti oleh 90 kota di wilayah tersebut.

Keuangan Pedesaan

Menurut Syaikul Putra, Aplikasi Siskeudes sangat membantu pemerintah kota dalam proses pengelolaan keuangan, baik dalam penyusunan APB kota, pelaksanaan, perencanaan usaha, pelaporan dan pertanggungjawabannya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman pemerintah kota dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan desa dengan Siskeudes berbasis online.

Baca Juga: Perkiraan Produksi Jagung Desember 2023 Capai 250 Ton, Kadis DTPH Pasbar: Kami Optimis

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah