Pasbar dan Lima Daerah Lain di Sumbar Mendapat Perhatian Serius Masalah Stunting

- 10 Oktober 2023, 17:52 WIB
Ilustrasi Anak Stunting /Nur Aliem Halvaima/foto dok tanotofondatiom
Ilustrasi Anak Stunting /Nur Aliem Halvaima/foto dok tanotofondatiom /

 

MARAWATALK - Sebanyak enam daerah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendapat perhatian serius dari Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Provinsi Sumbar karena memiliki prevalensi tertinggi terhadap permasalahan stunting.

Hal itu ditunjukkan dengan dilakukannya audiensi untuk memetakan permasalahan stunting di enam daerah yang memiliki prevalensi tertinggi untuk dicarikan solusi melalui mekanisme kerja sama daerah oleh TKKSD Provinsi Sumbar.

Kepala Bagian Kerja Sama Biro Pemerintahan dan Otda Provinsi Sumbar Zaki Fahminanda mengatakan enam daerah itu, yakni Pasaman Barat, Pasaman, Solok Selatan, Sijunjung, Pesisir Selatan, dan Mentawai.

"Tiga daerah sudah kita kunjungi untuk pemetaan permasalahan stunting itu yaitu Pasaman, Solok Selatan, dan Sijunjung. Tiga daerah lagi menyusul," kata dia, Selasa, 10 Oktober 2023 di Padang.

Baca Juga: Dinsos Sumbar Pulangkan 36 Orang Terlantar, Ada Korban Pelanggaran Kesepakatan Kerja

Dia menjelaskan stunting merupakan salah satu masalah serius dalam bidang kesehatan masyarakat yang berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Angka prevalensi stunting di Sumbar pada tahun 2022 berada pada angka 25,2 persen meningkat dari sebelumnya sebesar 23,3 persen. Secara umum masih di atas rata-rata nasional sebesar 21,6 persen.

Menurut Zaki, sebelumnya TKKSD Provinsi Sumbar telah berkoordinasi dengan TPPS (Tim Penanganan Penurunan Stunting) Provinsi Sumbar untuk pemetaan masalah stunting.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu

Sumber: Antara Sumbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah