Bayi Badak Sumatera Telah Lahir di TN Way Kambas Lampung, Minat Usulkan Nama?

- 1 Oktober 2023, 05:59 WIB
Bayi Badak Sumatera yang lahir di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung
Bayi Badak Sumatera yang lahir di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung /Marawatalk/KLHK

 

MARAWATALK-Satu ekor anak Badak Sumatera (Dicerorhinus Sumatrensis) berjenis kelamin betina kembali lahir dari induk bernama Ratu di Suaka Rhino Sumatera, Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), Provinsi Lampung, pada Sabtu 30 September 2023 dinihari, sekitar pukul 01.44 WIB. Kabar ini tentu menjadi berita bahagia, tidak hanya untuk masyarakat Indonesia tetapi juga dunia.

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kelahiran badak sumatera ini. Harapannya, kita dapat terus mendapat kabar bahagia dari kelahiran-kelahiran badak sumatera dan satwa dilindungi lainnya di masa depan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK), Siti Nurbaya, dalam keterangannya dikutip dari laman infopublik.id, Minggu 01 Oktober 2023.

Baca Juga: Konservasi Ikan Bilih Antar Semen Padang Raih Penghargaan Tertinggi Subroto 2023

Menurut Menteri Siti, Bayi Badak yang belum diberi nama tersebut merupakan kelahiran ketiga Badak Sumatera betina berumur 23 tahun ini selama menjadi penghuni SRS TNWK, setelah sebelumnya melahirkan Andatu pada 2012 dan Delilah pada 2016.

Ketiga individu badak yang dilahirkan badak Ratu merupakan hasil perkawinannya dengan badak jantan bernama Andalas berusia 22 tahun.

Kelahiran anak badak Ratu ini menambah jumlah badak di SRS TNWK menjadi sembilan ekor, yang terdiri atas lima badak betina bernama Ratu, Bina, Rosa, Delilah, dan Sedah Mirah serta tiga ekor badak Jantan bernama Andalas, Harapan, dan Andatu.

“Dari upaya pengembangbiakan semi alami yang dilakukan, saat ini SRS TNWK telah berhasil menghasilkan empat individu badak sumatera yang lahir, yaitu Andatu (2012), Delilah (2016), Sedah Mirah (2022), dan anak ketiga dari Ratu-Andalas (2023),” tuturnya.

Baca Juga: KRI Teluk Bone 511, Eks Kapal Perang Indonesia yang dijadikan Museum Bahari di Kota Pariaman

SRS TNWK satu-satunya tempat pembiakan Badak Sumatera yang terancam punah

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) KLHK, Satyawan Pudyatmoko, menambahkan, saat ini SRS TNWK adalah satu-satunya tempat pengembangbiakan semi in-situ yang dikelola oleh Balai TNWK dan Yayasan Badak Indonesia (YABI).

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x