Kabar Suka, Tiga Bansos Ini Kembali Dicairkan Agustus 2023

- 4 Agustus 2023, 14:09 WIB
Bansos PKH 2023 Tahap Tiga Dicairkan Juli
Bansos PKH 2023 Tahap Tiga Dicairkan Juli /Marawatalk/Irfansyah Pasaribu/

MARAWATALK-Kabar baik bagi masyarakat penerima bantuan sosial. Setidaknya ada sejumlah bantuan sosial (bansos) yang dicairkan pada bulan Agustus 2023 untuk membantu daya beli masyarakat.

Dimana anggaran bansos ini masuk ke dalam anggaran perlindungan sosial (Perlinsos) pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023 sebesar Rp479,1 triliun.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya.

Selain PKH, pemerintah pada 2023 ini masih menyalurkan sejumlah program perlindungan sosial bagi golongan masyarakat tak mampu maupun korban bencana alam seperti Program Sembako atau Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Baca Juga: Bansos PKH 2023 Tahap Tiga Sumbar Segera Cair? Cek Info Lengkapnya Disini

Selanjutnya, Bantuan Permakanan untuk Lansia dan Disabilitas Mandiri, Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Dikdasmen Kemendikbudristek, Beasiswa PIP Kementerian Agama, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Penerima Bantuan Iuran Kartu Indonesia Sehat/BPJS Kesehatan dan Tanggap Bencana.

Di tahun ini, bantuan PKH diberikan dalam empat tahap. Yakni, tahap 1 cair pada Januari--Maret 2023, tahap 2 pada April--Juni 2023, tahap 3 pada Juli--September 2023, dan tahap 4 cair pada Oktober--Desember 2023. Total pada 2023 ada sekitar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang meneriman bantuan PKH.

Namun demikian, setiap KPM dibatasi dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya maksimal empat orang yang berhak menerima bantuan PKH.

Sebelumnya Anda harus mengecek kembali persyaratan yang telah dicantumkan Kemensos terlebih dahulu dan telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x