Sandiaga Uno: Milenial Penentu Masa Depan Ekonomi Indonesia

- 30 Juli 2023, 11:50 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan generasi muda Indonesia memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan saat memberikan keynote speech pada seminar "The Next Local Hero Kepri" di Auditorium Kampus Institut Teknologi Batam (ITEBA), Sabtu (29/7/2023).
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan generasi muda Indonesia memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan saat memberikan keynote speech pada seminar "The Next Local Hero Kepri" di Auditorium Kampus Institut Teknologi Batam (ITEBA), Sabtu (29/7/2023). /Marawatalk/Kemenparekraf/

MARAWATALK-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut generasi muda Indonesia memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan sehingga mampu berperan sebagai katalisator keberlangsungan ekonomi bangsa.

Hal itu ia tegaskan saat memberikan keynote speech pada seminar "The Next Local Hero Kepri" di Auditorium Kampus Institut Teknologi Batam (ITEBA), Sabtu 29 Juli 2023.

"Untuk itu mereka perlu didukung dan diberikan pendampingan yang tepat sasaran dan tepat manfaat. Hal itu agar potensi yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," ungkapnya.

Baca Juga: Terkait Dana Sekolah, DPR RI: Pengelolaan Harus Transparan, Tidak Pribadi

Salah satunya adalah, dengan memberikan inkubasi dengan penuh kolaborasi seperti program inkubasi Kemenparekraf/Baparekraf yang bertujuan untuk mempersiapkan dan mendukung para pengusaha pemula dalam mengembangkan bisnisnya agar semakin maju sehingga tercipta wirausaha yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

"Saya melihat bagaimana menjaga kewirausahaan karena enterpreneurship is mindset, enterpreneurship is not profession. Jadi seorang enterpreneur itu adalah jiwanya, mindset-nya. Yaitu mindset pantang menyerah," lanjut Sandiaga.

Baca Juga: Unand Padang Lahirkan 1.466 Lulusan Baru, Ada Wisudawan dari Luar Negeri

Sebab, ulasnya, tidak banyak pengusaha pemula yang bermental baja, yang resilience akan kegagalan. Banyak dari mereka jika menghadapi satu kali kegagalan akan menyerah.

Sikap pantang menyerah ini harus benar-benar ditanamkan dalam pola pikir pengusaha pemula. Karena menurut Menparekraf kesuksesan itu diawali dengan kegagalan. Dan kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan.

Halaman:

Editor: Al Afif

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah