Usai Diganti, Kemana Kain Penutup Ka'bah yang Sudah Tak Terpakai?

- 21 Juli 2023, 20:14 WIB
ritual penggantian kiswah atau kain penutup Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, pada Rabu (19/7/2023) yang bertepatan pada 1 Muharram 1445 Hijriyah
ritual penggantian kiswah atau kain penutup Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, pada Rabu (19/7/2023) yang bertepatan pada 1 Muharram 1445 Hijriyah /Marawatalk/ist/

MARAWATALK - Setiap tahun, Kiswah (kain penutup-red) Ka'bah rutin diganti. Proses penggantian ini memakan waktu hingga tujuh jam, mencakup pembongkaran Kiswah lama dan pemasangan yang baru.

Tahun ini, prosesi penggantian berhasil diselesaikan pada Rabu, 19 Juli 2023 pukul 3.00 waktu Arab Saudi yang disaksikan ribuan orang.

Proses persiapan penggantian sudah dimulai sejak sore. Sekitar Kakbah dipagari dengan pagar portabel.

Petugas menggunakan alat berupa electric scissor lift yang ditempatkan di beberapa sisi Ka'bah. Petugas penggantian dan tentara tiba bertahap hingga malam.

Baca Juga: Perdana, Ada Ritual Penggantian Kain Penutup Ka'bah Sambut Tahun Baru Islam 1445 H

Ratusan tentara berlapis dua dikerahkan untuk mengamankan dan menjaga sterilisasi selama proses penggantian berlangsung.

Mungkin banyak yang bertanya kemana Kiswah yang lama disimpan.

Dikutip dari Al Arabiya, pada Jumat, 21 Juli 2023, bahwa Direktur Jenderal Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Ka'bah, Ahmad bin Mohammed Al Mansouri, mengatakan bahwa Kiswah lama tidak dibuang ataupun dihancurkan.

Kiswah yang telah diganti ini akan disimpan di tempat yang aman.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah