Fenomena Fandom di Era Digital: Begini 6 Keterlibatan Fans yang Pengaruhi Dunia Hiburan

- 23 April 2024, 12:28 WIB
FENOMENA FANDOM: Tampak salah seorang fans yang memegang smartphone mengambil video konser group musik idolanya dekat panggung dengan lampu pada malam hari (sumber foto: unsplash.com)
FENOMENA FANDOM: Tampak salah seorang fans yang memegang smartphone mengambil video konser group musik idolanya dekat panggung dengan lampu pada malam hari (sumber foto: unsplash.com) /

 

MARAWATALK - Dalam era digital saat ini, keterlibatan penggemar dan fenomena fandom telah mengalami perubahan drastis serta transformasi yang signifikan dalam industri hiburan. Fandom sendiri adalah fans club atau nama kelompok fans dari grup tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, fandom adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti kumpulan atau komunitas yang sangat menggemari dan mendukung suatu hal, seperti artis, film, atau buku.

Sebelumnya, penggemar hanya bisa terhubung melalui surat kabar, majalah, atau acara konvensi khusus. Namun, dengan kemajuan teknologi, terutama internet dan media sosial, keterlibatan penggemar telah berkembang menjadi sebuah fenomena global yang mempengaruhi cara kita mengonsumsi dan berpartisipasi dalam budaya populer.

Baca Juga: DEMAM KOREA Para Remaja Rela Mengeluarkan Uang Jutaan Demi Sang Idol, Apakah Kamu Salah Satunya?

Ini 6 Keterlibatan Penggemar yang Mampu Pengaruhi Dunia Hiburan Kekinian

Konser BTS yang di penuhi oleh ribuan penggemar dari penjuru dunia (sumber foto: pinterest)
Konser BTS yang di penuhi oleh ribuan penggemar dari penjuru dunia (sumber foto: pinterest)

Baca Juga: Teknologi Sensor Kematangan TBS Kelapa Sawit dari Unand Padang, Solusi Harga Jual Petani?

Adapun keterlibatan penggemar telah berubah seiring dengan perkembangan teknologi digital, serta dampaknya terhadap industri hiburan dan masyarakat secara keseluruhan.

Setidaknya ada 6 jenis keterlibatan yang berhasil dirangkum penulis disarikan dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah