Tetap Waspada! Ini Hasil Pantauan 5 Gunung Api di Indonesia Berstatus Siaga Berlaku 1 Juni 2024

- 1 Juni 2024, 08:26 WIB
Kolase foto hasil dokumentasi relawan PMI dari berbagai daerah sekitar gunung Marapi yang kembali meletus siang ini, Kamis 30 Mei 2024, sekitar pukul 01.05 WIBB
Kolase foto hasil dokumentasi relawan PMI dari berbagai daerah sekitar gunung Marapi yang kembali meletus siang ini, Kamis 30 Mei 2024, sekitar pukul 01.05 WIBB /Marawatalk/istimewa/

 

MARAWATALK - Aktivitas magma di sejumlah gunung api di Indonesia masih harus menjadi perhatian khusus baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat sekitar gunung sesuai risiko dampak yang ditimbulkan berdasarkan peta rekomendasi Kawasan Rawan Bencana (KRB) yang diterbitkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Termonitor dari laman Magma Indonesia, pada Sabtu 1 Juni 2024, setidaknya 5 gunung api aktif masih menunjukkan aktivitas vulkanik yang tinggi hingga membutuhkan kesiapsiagaan tinggi atas peristiwa letusan dan dampak ikutan yang menyertainya.

Salah satunya adalah Gunung Marapi di Sumatera Barat, yang sudah menimbulkan seratusan lebih korban jiwa serta luka-luka serta ribuan warga terpaksa mengungsi sejak letusan yang terjadi pada 3 Desember 2023 dan masih berlangsung hingga saat ini.

Aktivitas vulkanik gunung Marapi juga telah memicu banjir lahar dingin serta banjir bandang di sejumlah daerah hulu sungainya berada di kaki gunung api yang saat ini teraktif di pulau Sumatera itu.

Nah gaes..meskipun bencana tersebut sangat menakutkan dampaknya namun bagi manusia beriman dan berakal tentu memiliki kiat dan upaya mitigasi yang bisa diterapkan mulai dari diri sendiri hingga lingkungan sekitar agar selamat dari suatu peristiwa kebencanaan.

Salah satunya adalah dengan mengenali jenis bencana itu sendiri dan selalu memperbaharui informasi terkait potensi kebencanaan suatu objek seperti gunung api, perbukitan dan aliran sungai dengan debit air yang cukup besar.

Berikut akan diulas tentang situasi terkini gunung api di Indonesia berdasarkan hasil pengamatan petugas pos pemantauan gunung api!.

Baca Juga: MARAPI Meletus Lagi Kamis Siang, Ikuti Rekomendasi PVMBG Agar Anda Selamat!

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Magma Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah