KESEHATAN Wamenkes RI: Skrining Adalah Langkah Awal Deteksi Kanker Serviks bagi Perempuan

- 3 Februari 2024, 22:33 WIB
Ilustrasi Kanker Serviks/Tangkap Layar/mayoclinic/
Ilustrasi Kanker Serviks/Tangkap Layar/mayoclinic/ /

 


MARAWATALK-Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, salah satu cara untuk mencegah masalah kanker serviks di Indonesia adalah dengan melakukan skrining sedini mungkin.

Dikutip dari laman Info Publik pada Sabtu 3 Februari 2024, Dante menyebutkan salah satu penyebab kematian tertinggi kedua untuk kanker wanita di Indonesia adalah kanker serviks, yakni 70 persen perempuan terdiagnosis kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut.

“Skrining kanker serviks sebagai salah satu modalitas utama untuk menanggulangi tingginya angka kematian kanker serviks di Indonesia,” kata Wamenkes Dante

Padahal, lanjutnya, pengobatan pada stadium ini menjadi kurang efektif. Akibatnya, 50 persen perempuan yang terdiagnosis kanker serviks meninggal dunia karena penyakit tersebut. Kemenkes telah melakukan sejumlah strategi untuk mengatasi masalah kanker serviks di Indonesia.

Antara lain vaksinasi Human Papiloma Virus (HPV) kepada anak-anak perempuan usia sekolah dan melakukan skrining deteksi kanker serviks sedini mungkin untuk perempuan-perempuan Indonesia.

Baca Juga: Ternyata ini Bahaya Begadang bagi Kesehatan, Nomor 3 Jarang Disadari!

Ada Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Kanker Serviks pada 2023 hingga 2030

Kementerian kesehatan secara resmi mendeklarasikan Rencana Aksi Nasional (RAN) Eliminasi Kanker Leher Rahim untuk periode 2023-2030 di Jakarta, Sabtu, 16 Desember 2023.
Kementerian kesehatan secara resmi mendeklarasikan Rencana Aksi Nasional (RAN) Eliminasi Kanker Leher Rahim untuk periode 2023-2030 di Jakarta, Sabtu, 16 Desember 2023.

Baca Juga: Paling Rentan Terpapar, Pemerintah Prioritas Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Diberikan Imunisasi Hepatitis B

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah