Formasi CPNS 2023 Tersedia untuk Tamatan SMA? Ini Info Selengkapnya

- 14 September 2023, 07:31 WIB
Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS /MARAWATALK/ Willy Adryan P /

 

MARAWATALK-Pemerintah Indonesia secara rutin membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagai salah satu upaya untuk memperkuat birokrasi negara.
Formasi CPNS tak hanya terbuka untuk lulusan perguruan tinggi, tetapi juga untuk tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Formasi CPNS 2023 ini memberikan peluang bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA untuk bergabung dengan pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Meskipun persaingan dalam seleksi CPNS umumnya cukup tinggi, peluang ini memberikan sebuah kesempatan yang dapat dijadikan langkah awal untuk memulai karir di sektor publik.

Baca Juga: 161 Proyek Strategis Nasional Serap 11 Juta Tenaga Kerja, Jokowi: Aparat Jangan Represif

Mengapa Tamatan SMA Punya Kesempatan?

Dalam upaya meningkatkan kualitas birokrasi negara, pemerintah mengakui potensi yang dimiliki oleh para tamatan SMA untuk menjadi bagian dari hadirnya CPNS. Berbagai sektor pemerintahan membutuhkan SDM yang memiliki kemampuan dan keahlian di bidang kepemimpinan, administrasi, atau teknis tertentu yang dapat dimiliki oleh tamatan SMA.

Namun, pada saat mendaftar CPNS, tamatan SMA perlu memperhatikan beberapa hal untuk dapat bersaing dengan calon CPNS lulusan perguruan tinggi.

Diantaranya adalah memilih formasi yang relevan dengan latar belakang pendidikan, mempersiapkan diri dengan pengetahuan terkait tugas dan tanggung jawab di bidang yang diincar, serta meningkatkan kemampuan kompetensi yang relevan melalui pendidikan atau kursus terkait.

Baca Juga: Down! Pendaftaran CPNS Dibuka 17 September 2023, Apa Solusi Jika Portal SSCASN Tidak Dapat Diakses

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x