Pemnag Sago Salido Pessel Salurkan Bantuan Pupuk Wujudkan Ketahanan Pangan

- 1 Juli 2023, 16:12 WIB
/

MARAWATALK--Pemerintah Nagari (Pemnag) Sago Salido Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, telah menyerahkan bantuan pupuk untuk komoditas padi bagi para petani melalui kelompok tani di nagari atau desa adat itu.

Walinagari Sago Salido, Syafriadi, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut program ketahanan pangan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023 yang mengamanatkan setiap desa memanfaatkan sebesar 20 persen untuk program Ketahanan Pangan dan Hewani.

Baca Juga: Begini Tradisi Adat Mufakat Duduk Mamak Muaro Kiawai di Acara Alek

"Pada APBDes 2023 Pemerintah Nagari Sago Salido menganggarkan senilai Rp 68.515.000 untuk bantuan pupuk padi kepada kelompok tani, dari 20 persen program ketahanan pangan dan hewani APBDes Sago Salido tahun 2023, serta jumlah penerima sebanyak 165 KK yang memiliki lahan sawah," sebutnya, Sabtu (01/07/2023).

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Nagari Sago Salido juga melakukan sosialisasi tentang ketahanan pangan kepada kelompok tani yang dihadiri oleh Tim Penyuluh Dinas Pertanian, Pemerintah Kecamatan IV Jurai, Bamus, LPMN, Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Lokal Desa Nagari Sago Salido.

Baca Juga: Pemda Diminta Fasilitasi Sertifikasi Halal Dengan Pendanaan APBD

Dikatakan, penyaluran bantuan pupuk padi itu dijadikan program ketahanan pangan Nagari Sago Salido. Hal itu merupakan salah satu program yang tepat untuk ketahanan pangan nabati di Nagari Sago Salido.

Pasalnya, Nagari Sago Salido memiliki kawasan persawahan dan perkebunan serta sebagian masyarakat sangat bergantung hidup pada sektor tersebut.

"Kami berharap bantuan pupuk padi ini dapat meningkatkan hasil panen sehingga berbanding lurus dengan peningkatan perekonomian masyarakat petani," tutupnya.(***)

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Diskominfo Pessel


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah