Wabup Pessel Panen Tanaman Jagung Program Manari Yang Digagasnya

- 7 Juni 2023, 22:07 WIB
Penggagas program Agrosolution Mambangun Nagari (Manari) sekaligus Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah, memimpin panen perdana tanaman jagung di Kecamatan Batang Kapas, Sumatera Barat, Rabu (07/06)
Penggagas program Agrosolution Mambangun Nagari (Manari) sekaligus Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah, memimpin panen perdana tanaman jagung di Kecamatan Batang Kapas, Sumatera Barat, Rabu (07/06) /Marawatalk/Kiki Julnasri Priatama/

MARAWATALK--Penggagas program Agrosolution Mambangun Nagari (Manari) sekaligus Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah, memimpin panen perdana tanaman jagung di Kecamatan Batang Kapas, Sumatera Barat.

Uniknya, program ini ia gagas dan realisasikan tanpa melibatkan sentuhan anggaran pemerintah daerah dan murni melalui kerjasama dengan pihak Perbankan, perusahaan produsen pupuk dan pihak perusahaan asuransi.

"Ya, karena saat ini hanya tanaman jagung yang potensial membantu ekonomi petani, dikarenakan daerah ini memiliki lahan sawah tapi irigasinya belum memadai," ungkapnya saat panen jagung perdana di Batang Kapas, Rabu (07/06).

Ia mengungkapkan, langkah tersebut didasarkan pada pemikiran bagaimana meringankan beban pembiayaan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Sambut Baik Legislator Sumbar Asuransikan Pekerja Rentan

"Karena dengan minimnya infrastruktur pertanian membutuhkan banyak solusi untuk mengatasinya," ujar Rudi.

Ia mengatakan, dalam program Manari sedikitnya telah diikuti hampir 60 orang petani di daerah itu. Namun, karenakan terbelenggu status pemblokiran pada pengajuan kredit, maka jumlahnya berkurang dan hanya tersisa sebanyak 10 orang.

"Ini panen pertama, saya menggarap ini kurang lebih satu tahun. Selama satu tahun saya melakukan komunikasi ke Pupuk Indonesia, Perbankan, Tasa dan yang lain. Alhamdulillah Hari kita sudah mulai panen di Batang Kapas," terangnya.

Ia menjelaskan, dalam program gagasannya ini, disamping diperbantukan biaya penanaman, pupuk, bibit, penggunaan obat-obatan petani juga didampingi oleh pembina dalam perawatan. Selain itu, dalam mencegah kerugian, petani juga didaftarkan sebagai peserta asuransi.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x