810 Rumah Terendam dan 20 Warga Mengungsi akibat Banjir di Pasaman Barat

- 22 September 2023, 12:11 WIB
Situasi terkini bencana banjir di Nagari Batahan Barat Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat
Situasi terkini bencana banjir di Nagari Batahan Barat Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat /Marawatalk/PMI Pasbar

 

MARAWATALK-Sebanyak 810 unit rumah warga di Nagari Batahan Barat Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terendam banjir pasca dihantam cuaca buruk disertai hujan lebat yang melanda daerah itu sejak tiga heri terakhir.

Data tersebut disampaikan oleh Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Rida Warsa STP, saat dihubungi di Simpang Empat, Jumat 22 September 2023.

"Berdasarkan assesment sementara yang dilakukan relawan bersama pihak pemerintah terdepan di nagari tersebut, selain ratusan rumah terendam juga memicu kerusakan berat terhadap 4 unit rumah warga serta berdampak pada akses infrastruktur jalan yang tertutup material hingga jembatan rusak," ungkapnya.

Tak hanya itu, puluhan hektare lahan pertanian dan perkebunan masyarakat juga terdampak bencana banjir hingga cukup mengancam keberlangsungan perekonomian sejumlah warga korban bencana.

Sehingga, untuk mengatasi kendala asupan makanan bagi masyarakat terdampak bencana itu maka pihak PMI bersama Forkopimcam dan unsur pemerintahan di nagari membuka layanan dapur umum untuk 300 jiwa masyarakat setempat selama tiga hari kedepan.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan relif bantuan berupa pakaian layak bagi dewasa dan anak-anak serta barang-barang lainnya untuk segera disalurkan kepada masyarakat terdampak bencana.

"Relawan saat ini sudah bersiap untuk melaksanakan giat penyaluran bantuan tersebut dan Insya Allah akan diberangkatkan pada Jumat siang ini," sebutnya.

Baca Juga: Pasaman Barat Dilanda Banjir, Ada Warga yang Dievakuasi

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah