TAHUN 2024 Agam Jadi Daerah Kuota Terbanyak Kedua Berangkatkan CJH di Sumbar, Bupati Sampaikan Ini!

- 2 Mei 2024, 22:17 WIB
Kabupaten Agam menjadi daerah kouta terbanyak kedua berangkatkan CJH di Sumbar
Kabupaten Agam menjadi daerah kouta terbanyak kedua berangkatkan CJH di Sumbar /Marawatalk/Ist

MARAWATALK- Kabupaten Agam menjadi daerah kedua kuota terbanyak di Sumatera Barat, berangkatkan jamaah haji di Tahun 2024. Hal tersebut berdasarkan data keberangakatan calon jamaah Haji (CJH), sebanyak 431 orang.

"Setiap tahun, kita bangga bahwa Kabupaten Agam mampu memberangkatkan tidak kurang dari 400 orang jemaah haji. Agam diposisi kedua berangkatkan CJH setelah Kota Padang," kata Bupati Agam, Andri Warman disela pelepasan CJH 1445 Hijriyah, Kamis 2 Mei 2024.

Andri Warman mengatakan, dengan diberangkatkannya calon jamaah itu dari Kabupaten Agam setiap tahun, menjadi sebuah indikator bahwa program pembinaan dan pembangunan keagamaan di wilayah setempat telah berjalan dengan baik.

"Peningkatan jumlah CJH yang berangkat ke tanah suci juga dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Kabupaten Agam," ucap bupati.

Diutarakan, selain untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, keberangkatan CJH juga secara tidak langsung membawa nama baik daerah dan bangsa. Dengan demikian, setiap jemaah berangkat ke tanah suci tidak hanya mewakili dirinya sendiri, tetapi juga menjadi duta bagi daerah dan negaranya.

Baca Juga: 112 CJH asal Kota Padangpanjang Telah Mendarat di Tanah Suci

"Untuk itu, kita berharap para jemaah selalu mematuhi peraturan, bersikap tertib, dan menjalankan ibadah dengan khidmat. Dengan itu, mereka dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik, dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat," harap bupati.

CJH Dapat Bimbingan

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam, Thomas Febria, menyatakan bahwa pemberangkatan ke Asrama Haji Padang dijadwalkan pada 12 Mei mendatang. Setelah itu, CJH akan langsung terbang menuju Mekkah, esoknya.

"Sebelumnya, para Calon Jemaah Haji (CJH) ini telah mendapatkan bimbingan mengenai pelaksanaan ibadah haji," sebut Thomas

Bimbingan tersebut diberikan sebanyak 8 kali di tingkat kecamatan dan 2 kali di tingkat kabupaten, memastikan bahwa para jemaah siap secara spiritual dan logistik untuk perjalanan ke tanah suci.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah