BANJIR SUMBAR Usulan Bupati Diakomodir BNPB, Pemkab Pesisir Selatan Siapkan Petugas Pendata Rumah yang Rusak

- 29 Maret 2024, 20:08 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska (kanan) didampingi sejumlah pejabat saat gelaran rapat secara daring dengan BNPB / marawatalk / ist
Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska (kanan) didampingi sejumlah pejabat saat gelaran rapat secara daring dengan BNPB / marawatalk / ist /

 

MARAWATALK - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memperbaiki rumah warga di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), yang rusak akibat banjir dan tanah longsor seperti yang diusulkan oleh Bupati setempat, Rusma Yul Anwar beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah usulan Bupati diakomodir oleh BNPB," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska di Painan usai gelaran rapat secara daring dengan BNPB terkait rencana itu, Jumat 29 Maret 2024.

Dirinya bersama instansi terkait dalam kesempatan itu juga membahas persoalan perumahan yang akan relokasi, termasuk persiapan syarat-syarat administrasi usulan relokasi.

Secara umum, lanjutnya, pos anggaran terkait rencana tersebut berada di Direktorat Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB melalui penggunaan dana siap pakai.

Mempercepat realisasi maka pihaknya akan sesegera mungkin melakukan penuntasan pendataan fasilitas yang rusak khususnya perumahan.

Mawardi mengatakan proses perolehan data yang akurat dan lengkap membutuhkan waktu yg panjang sehingga dibutuhkan akselerasi dalam hal verifikasi dan validasi.

Sehingga terkait hal itu pihaknya akan menyiapkan 180 orang yang akan dilatih untuk mempercepat pendataan.

"Semuanya dibagi ke dalam 30 pokja yang akan melibatkan bhabinsa, bhabinkamtibmas dan pemerintah nagari setempat, masing-masing pokja terdiri dari 6 orang," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x