SIAGA BENCANA 11 Daerah di Sumbar Berstatus WASPADA Potensi Bencana Hidrometeorologi untuk 4 Hari Kedepan!

- 4 Januari 2024, 14:26 WIB
Ilustrasi BMKG
Ilustrasi BMKG /

 

MARAWATALK-Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Sumatera Barat (Sumbar), kembali menerbitkan peringatan dini akan peningkatan potensi bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di provinsi itu, selama 4 hari kedepan terhitung sejak Kamis 4 Januari 2024.

Dikutip dari relis BMKG Minangkabau, masyarakat dihimbau untuk selalu mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi dengan mengenali titik-titik rawan bencana, melakukan pembaharuan informasi cuaca sebelum melakukan aktivitas, mencari lokasi yang aman apabila kondisi hujan terjadi dalam intensitas yang tinggi dan durasi yang lama, serta selalu mengikuti arahan petugas-petugas terkait kebencanaan.

"Untuk informasi cuaca serta peringatan dini Sumatera Barat dapat diperoleh melalui media sosial @bmkgminangkabau (Instagram), infoBMKG (android), dan juga dapat menghubungi 081268125907 (whatsapp)," tulis sumber tersebut.

Baca Juga: INFO CUACA SUMBAR Kamis 4 Januari 2024, Awas! Agam dan Pasbar Diprediksi Hujan Lebat Siang hingga Sore Hari

Pihak BMKG menyebutkan, berdasarkan analisis dinamika atmosfer tanggal 04 Januari 2024 yang dihimpun dari data pengamatan, pemodelan model numerik, serta penginderaan jauh citra satelit maupun radar cuaca menunjukkan pola arus angin pada lapisan 3000 kaki dari permukaan laut berasal dari arah Timur Laut dengan adanya belokan angin dan pertemuan arus angin (konvergensi) di Sumatera Barat.

Kemudian, Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3 yang berdampak pada peningkatan pertumbuhan awan hujan secara intensif di Sumatera Barat khususnya wilayah Kab/Kota di pesisir pantai.

Adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan menyebabkan peningkatan peluang kejadian cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi di Sumatera Barat. seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Baca Juga: INFO CUACA SUMBAR Potensi Kejadian Bencana Hidrometeorolgi Meningkat, BMKG: Sejumlah Wilayah Siaga dan Waspada

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x