Berbasis Kehutanan, Gubernur Sumbar Targetkan Pendapatan Petani Meningkat

- 24 Agustus 2023, 12:01 WIB
Gubernur Mahyeldi saat membuka Lokakarya atau Workshop Nasional di Hotel Premiere Padang
Gubernur Mahyeldi saat membuka Lokakarya atau Workshop Nasional di Hotel Premiere Padang /MARAWATALK/ Warman/

MARAWATALK - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, menargetkan pendapatan petani meningkat melalui pemaksimalan potensi Perhutanan Sosial yang dikelola oleh masyarakat.

Target tersebut juga tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumbar 2021-2026 harus tercapai dengan maksimal.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat membuka Lokakarya atau Workshop Nasional dengan tema "Bahu Membahu dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam untuk Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan", yang digelar Dinas Kehutanan (Dishut) Sumbar dan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) WARSI di Hotel Premiere Padang, baru-baru ini.

Baca Juga: Realme 11 Resmi Rilis di Indonesia, Mari Lihat Teknologi Terbaru yang Diberikannya

“Lokakarya ini sangat relevan dengan visi, misi, dan sebagian dari program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026,” lata Mahyeldi, Selasa 22 Agustus 2023.

“Melalui Perhutanan Sosial, kawasan hutan yang dikelola masyarakat bisa lebih luas, serta jumlah unit usaha berbasis kehutanan atau Kelompok Usaha Perhutanan Sosial juga semakin banyak,” sambung dia.

Dia menjelaskan, peningkatan jumlah Perhutanan Sosial tersebut, merupakan wujud upaya konkrit dalam meningkatnya nilai tambah dan produktivitas produk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, termasuk Kehutanan, dengan muara akhirnya adalah peningkatan pendapatan bagi petani.

Baca Juga: Gawat, Hak Warga Miskin Dibelikan Mobil Ford dan Alat Musik Bekas oleh PDAM Pasbar

“Pengelolaan Sumber Daya Alam sejatinya bisa untuk memenuhi kebutuhan manusia secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Pemanfaatan sumber daya alam yang dengan baik tentu akan memberikan manfaat bagi manusia dan bagi alam itu sendiri,” jelas Mahyeldi.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah