Ada Peserta Luar Daerah, PMI Pasaman Barat Gelar Pelatihan Spesialis Pertolongan Pertama

- 5 Agustus 2023, 14:53 WIB
Pelatihan Spesialis Pertolongan Pertama yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, Sabtu-Minggu 05-06 Agustus 2023
Pelatihan Spesialis Pertolongan Pertama yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, Sabtu-Minggu 05-06 Agustus 2023 /Marawatalk/M. Eko Kurniawan/

MARAWATALK-Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, menggelar kegiatan pelatihan Spesialis Pertolongan Pertama (PP) yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu 05-06 Agustus 2023.

Ketua PMI Pasaman Barat, H Risnawanto SE, melalui Kepala Markas PMI setempat, Rida Warsa STP, mengatakan pelatihan tersebut merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara berkesinambungan.

"Pelatihan kali ini adalah angkatan kedua dan diikuti oleh 28 orang peserta dengan rincian sebanyak 26 orang relawan dari unsur markas PMI dan Korps Sukarelawan (KSR) utusan perguruan tinggi di Pasaman Barat serta dua orang dari unsur markas PMI Padang Pariaman," ungkapnya.

Baca Juga: PMI Pasbar Salurkan Air Bersih bagi 200 Orang Warga Terdampak Banjir

Sebagai satu-satunya perhimpunan nasional kepalangmerahan yang diakui IFRC, PMI secara sukarela turut melaksanakan tugasnya membantu pemerintah dibidang kemanusian untuk meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya dengan tidak membedakan agama, bangsa, suku, golongan, ras dan jenis kelamin.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, lanjutnya, sangat dibutuhkan hadirnya relawan yang memiliki kemampuan khusus seperti pertolongan pertama, kebencanaan, sanitasi, donor darah dan lain sebagainya.

Khusus kegiatan pertolongan pertama, ulasnya, PMI sudah dikenal baik oleh masyarakat umum karena sifatnya kesukarelaan dan tidak membedakan korban yang ditolong.

Baca Juga: Hari Donor Darah Sedunia, PMI Pasbar Ajak Tingkatkan Kepedulian

Selain itu, pertolongan pertama merupakan bagian penting untuk palang merah Indonesia dalam respon awal situasi darurat baik dalam penanganan korban bencana alam maupun dalam situasi konflik lainnya seperti aksi unjuk rasa dan peperangan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah