BANJIR SUMBAR Beri Pelayanan Kesehatan bagi Korban Banjir di Agam, Dinkes Dirikan Pos HEOC

- 24 Mei 2024, 20:10 WIB
Dinkes Agam dirikan pos HEOC guna memberikan pelayanan kesehatan bagi korban terdampak banjir lahar dingin
Dinkes Agam dirikan pos HEOC guna memberikan pelayanan kesehatan bagi korban terdampak banjir lahar dingin /Marawatalk/

MARAWATALK- Dinkes Agam, Sumatera Barat, mendirikan pos Health Emergency Operational Center (HEOC) di SDN 08 Kubang Duo, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Jumat 24 Mei 2024.

Pos tersebut merupakan tempat pelayanan kesehatan bagi korban terdampak banjir lahar dingin Gunung Marapi, di wilayah setempat.

"Posko ini didirikan guna memberi pertolongan kepada para korban dan menjaga kesehatan para pengungsi. Kami juga dibantu beberapa beberapa stakeholder, ujar Kepala Dinkes Agam, Hendri Rusdian.

Sejumlah kondisi kesehatan pasien rawat jalan telah ditangani oleh tim medis. Adapun penyakit yang ditangani diantaranya, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), luka robek, malaise, hipertensi dan lainnya.

Disamping itu, pihaknya menyampaikan apresiasi terhadap donatur maupun relawan dari tenaga medis yang ikut andil dalam pelayanan kesehatan bagi korban tersebut.

"Kami juga mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas sumbangan obat-obatan yang diberikan oleh para donatur dan relawan. Sehingga kami tidak perlu khawatir mengenai kelangkaan persediaan obat," ungkapnya.

Pihaknya juga menegaskan komitmen untuk terus memberikan layanan kesehatan kepada para korban dan masyarakat, hingga situasi kembali normal.

"Kami, dari Dinas Kesehatan, siap untuk memberikan pelayanan selama 24 jam kepada semua korban dan masyarakat, hingga situasi kembali stabil," ungkapnya.

Kepala Dinkes mengatakan, dalam periode 12-24 Mei 2024, tercatat sebanyak 751 korban banjir lahar, tengah menjalani perawatan medis, termasuk rawat jalan.

 

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah