Tekan Angka Stunting, Ade Rezki Pratama Sosialisasikan Germas di Pasbar

- 12 November 2023, 20:02 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama saat memberikan kata sambutannya dalam kegiatan sosialisasi Germas di Kecamatan Luhak Nan Duo, Minggu 12 November 2023
Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama saat memberikan kata sambutannya dalam kegiatan sosialisasi Germas di Kecamatan Luhak Nan Duo, Minggu 12 November 2023 /MARAWATALK/ Irfan/

MARAWATALK - Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama mengadakan kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat, Minggu 12 November 2023.

Sosialisasi Germas yang bertemakan "Dengan Germas Kita Cegah Stunting untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045" ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna PTPN VI Sarik.

Ratusan masyarakat setempat antusias menghadiri acara itu. Kemudian dalam acara tersebut disediakan pemeriksaan kesehatan gratis yang melibatkan Puskesmas setempat dengan memberikan pemeriksaan seperti cek gula darah, tensi dan lainnya.

Acara itu turut dihadiri oleh Wakil Direktur I Kemenkes Padang Gusnedi, Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, Forkopimca Luhak Nan Duo serta tokoh masyarakat setempat dan lainnya.

Ade Rezki Pratama mengatakan persoalan stunting di Indonesia saat ini menjadi masalah nasional karena persentasenya terbilang cukup tinggi. Untuk mengatasi itu, dikeluarkan Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

"Perpres ini merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat kerangka intervensi yang harus dilakukan di kelembagaan dalam pelaksanaan penurunan angka stunting," kata dia dalam sambutannya.

Baca Juga: Flash News: Ada Long March Aksi Bela Palestina di Pasbar pada Sabtu 18 November 2023

Ade menjelaskan, pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 telah memberikan dampak serius bagi masyarakat, terutama pada kesehatan yakni resiko kenaikan angka stunting.

Sebab jelas dia, semua kegiatan dilakukan pembatasan pada masa itu, tentu hal ini mempengaruhi beberapa faktor salah satunya kurangnya nutrisi makanan pada anak usia dini.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x