Struktur Batuan Unik Ditemukan di Padang Pariaman, Ahli: Bukan Karya Manusia

- 13 Oktober 2023, 14:35 WIB
Peneliti melihat objek diduga cagar budaya (ODCB) berbentuk lesung di Korong Surantiah, Nagari Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (12/10/2023).
Peneliti melihat objek diduga cagar budaya (ODCB) berbentuk lesung di Korong Surantiah, Nagari Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (12/10/2023). /ANTARA/Iggoy el Fitra/

MARAWATALK - Struktur batuan unik yang ditemukan warga di Bukik Paladangan Korong Surantih, Nagari Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman dinilai dan diyakini oleh ahli geologi bukan lah karya manusia.

Hal itu disampaikan oleh, Ade Edward, seorang ahli geologi dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), pada Kamis. 12 Oktober 2023 di Kota Padang.

"Setelah saya perhatikan, struktur batuan itu bukan karya manusia. Tidak tampak sentuhan tangan manusia untuk menciptakan pola bebatuan seperti itu," kata Ade.

Baca Juga: Berbasis di Gaza, Simak Sejarah dan Latar Belakang Berdirinya Hamas

Dia menyebut, batu-batu yang ditemukan ini terbentuk secara alami dan diyakininya hal itu bukan lah buatan tangan manusia. Batuan yang ditemukan ada yang berbentuk menyerupai lasung.

Lanjut Ade menjelaskan, struktur batuan itu biasa dikenal sebagai colomnar joint. Columnar joint sendiri kata dia, adalah salah satu fenomena struktur geologi yang terdiri dari kolom-kolom poligonal.

Baca Juga: Ini Bacaan Doa di Jumat Berkah yang Bisa Diamalkan

Biasanya terang dia, berbentuk batang-batang poligonal persegi delapan, persegi enam dan persegi dan tersusun relatif seragam dengan rapi.

"Bahwa itu ada bentukan yang teratur, garis-garis sejajar di batu, berbentuk gelombang, itu alamiah. Begitu juga susunannya. Tidak ada campur tangan manusia untuk membentuknya menyerupai struktur tertentu," jelas dia.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah