Peserta Bimtek Sekretariat TP PKK Payakumbuh Diberi Pemahaman Pengaruh Digitalisasi

- 1 September 2023, 08:05 WIB
Peserta Bimtek Sekretariat TP PKK Payakumbuh yang diselenggarakan di Aula Kantor PKK Kota Payakumbuh, pada Kamis, 31 Agustus 2023.
Peserta Bimtek Sekretariat TP PKK Payakumbuh yang diselenggarakan di Aula Kantor PKK Kota Payakumbuh, pada Kamis, 31 Agustus 2023. /MARAWATALK/ Warman/

MARAWATALK - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh, Junaidi, memberikan pemahaman digitalisasi terhadap peserta Bimtek Sekretariat TP PKK se Kota Payakumbuh.

Pemahaman tersebut diberikan dalam rangka meningkatkan kapasitas sekretaris Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan dan terhadap 47 TP PKK Kelurahan, di Aula Kantor PKK Kota Payakumbuh, pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Junaidi mengatakan mengenai pengaruh digitalisasi di masyarakat serta dampaknya akan dikaitkan dengan undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Baca Juga: Gandeng Cak Imin jadi Cawapres, Partai Demokrat Merasa Ditipu Anies

Dengan demikian kata Junaidi, sebagai narasumber dalam tema “Penulisan Berita di Sosial Media” dirinya menilai, di era digitalisasi saat ini, berbagai konten bisa muncul di sosial media tanpa disadari dan diinginkan.

“Pornografi, konten hoax, penipuan, bahkan hingga pencurian data pribadi. Oleh karena itu, kita mesti melek terhadap UU ITE dan cakap berliterasi media agar tidak terjerumus ke dalam hal yang merugikan,” kata Junaidi menjelaskan.

Untuk itu, dia berpesan kepada peserta bimtek agar menyaring terlebih dahulu ujaran atau informasi yang akan disampaikan ke media sosial, sehingga tidak menyebarkan informasi yang bisa merugikan diri sendiri secara hukum.

Baca Juga: Nikah Gratis Dapat Kartu Digital? Begini Nih Cara Mencetaknya

“Jika tidak disaring, ini akan merusak budaya timur di tatanan negara kita, apalagi budaya minang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang terancam hilang. Mawas diri, itu kuncinya,” pinta Junaidi.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah