Puluhan Warga Miskin di Pasaman Dapat Sambungan Listrik Gratis

- 2 Juni 2023, 20:09 WIB
Petugas ESDM Sumbar bersama pendamping lokal saat verifikasi dan survey calon penerima listrik gratis di Dua Koto
Petugas ESDM Sumbar bersama pendamping lokal saat verifikasi dan survey calon penerima listrik gratis di Dua Koto /RWL/

MARAWATALK - Puluhan Kepala Keluarga (KK) tidak mampu di Kabupaten Pasaman, Sumbar, akan mendapatkan bantuan pemasangan atau sambungan listrik gratis, tahun ini.

Bantuan itu, merupakan program pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Gerindra, Khairuddin Simanjuntak.

“Ya, betul. Untuk tahun anggaran 2023 ini, pak Khairuddin Simanjuntak mengalokasikan dana dari pokirnya beliau, sebesar Rp325 juta,” ujar Surveyor dari Dinas ESDM Pemprov Sumatera Barat, Ucok, saat dihubungi, Jumat (2/6/2023).

Dana ratusan juta itu, kata Ucok, bisa mengcover sambungan listrik baru untuk puluhan KK tidak mampu di daerah pemilihannya.

“Sesuai hitung-hitungan kita, sambungan listrik baru yang bisa dicover oleh anggaran sebesar itu mencakup 81 KK,” katanya.

Saat ini, jelas dia, pihaknya juga sudah melakukan survey dan verifikasi calon penerima sambungan listrik gratis di Pasaman. Calon penerima tersebar disejumlah kecamatan dan nagari di wilayah itu.

“Kita sudah survey dan melakukan verifikasi. Calon penerima harus KK Miskin. Mereka wajib melampirkan, poto copy KTP, KK dan SKTM dari walinagari yang didalamnya ada ID DTKS nya, atau sudah terdaftar di DTKS,” jelasnya.

Terpisah, Legislator Sumbar, Khairuddin Simanjuntak menyebutkan, sangat prihatin dengan kehidupan warga di daerah pemilihannya itu yang sudah puluhan tahun tidak menikmati aliran listrik.

“Miris dan prihatin. Di era modren dan globalisasi ini masih ada warga kita yang belum menikmati listrik,” katanya.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x