Dosen UIN M Yunus Batusangkar Pengabdian ke Daerah 3T, Tingkatkan Minat Baca Anak

- 20 Oktober 2022, 10:08 WIB
Dosen UIN M Yunus berikan materi kepada anak di daerah 3T
Dosen UIN M Yunus berikan materi kepada anak di daerah 3T /Dosen UIN M Yunus berikan materi kepada anak di daerah 3T

RANAH PADANG.COM - Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Combir Kesestoren Banda, Maluku Tengah.

Pengabdian tersebut dilakukan di lokasi yang merupakan daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal di Maluku Tengah.

"Tim ini terdiri dari 30 orang yang terdiri dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek Dikti)," kata dosen jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, Cut Afrina.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama sebulan penuh yang dimulai dari tanggal 11 Oktober sampai 8 November 2022.

Ia mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kolaborasi Nasional tersebut dibiayai penuh oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesian Sharing Program & Innovation For Enlightenment (INSPIRE).

Febri Kurniawan, selaku pendiri Indonesian Sharing Program & Innovation For Enlightenment (INSPIRE), mengukapkan bahwa kegiatan pembangunan TBM dan peningkatan literasi daerah 3 T merupakan prioritas dari kegiatan pengabdian masyarakat.

Menurutnya, dengan berkolaborasi bersama dosen yang spesifikasi keahliannya di bidang Perpustakaan, hal ini akan memberikan peluang yang baik untuk sama-sama meningkatkan minat baca masyarakat di daerah 3T.

"Diharapkan dengan adanya PKM kolaborasi ini bisa selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diterapkan setiap kampus, sebagai upaya tindak lanjut dari hasil Audit Mutu Internal (AMI) dan juga sebagai Output untuk Akreditasi Perguruan Tinggi dan juga Jurusan," harapnya. ***

Editor: Halbert Caniago


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x