Meninggal Dunia Hari Jumat, Ini Keutamaan yang Akan Diperoleh Menpan RB Tjahjo Kumolo

- 1 Juli 2022, 12:03 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo.
Menpan RB Tjahjo Kumolo. /Setkab/

RANAH PADANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia hari ini, Jumat (1/07/2022).

Dalam Islam, ada beberapa keutamaan yang diperoleh jika meninggal dunia pada hari Jumat.

Berikut penjelasan jika seseorang meninggal dunia pada hari Jumat seperti Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Direktur Departemen Portal Elektronik Dar al-Ifta Mesir, Syekh Ahmad Wissam, menyampaikan bahwa memang beberapa ulama berpendapat kematian yang terjadi pada hari Jumat itu merupakan tanda yang baik.

Baca Juga: Apa Penyakit Menpan RB Sebelum Meninggal Dunia?

Sementara itu, mantan Mufti Agung Mesir Syekh Ali Jumah menyampaikan, seorang Muslim boleh memandang bahwa meninggal dunia pada Jumat adalah tanda yang baik, sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda:

ما من مسلم يموت يوم الجمعة إلا وقاه الله فتنة القبر

"Tidaklah seorang Muslim yang meninggal pada hari Jumat atau Jumat malam, kecuali Allah SWT akan melindunginya dari siksa kubur."

Hadits ini diriwayatkan At Tirmidzi dari Rabi’ah bin Yusuf dari Ibnu Amr bin Al Ash. Menurut al-Tirmidzi, hadits ini tergolong gharib, tidak bersambung sanadnya, tidak pernah diketahui Rabi’ah mendengar dari Ibnu Amr. Namun At Thabrani menyatakan hadits tersebut muttashil (tersambung sanadnya).

Halaman:

Editor: Halbert Caniago


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah