INFO TERKINI Gunung Marapi di Sumbar Terpantau 'Tenang' Sehari Menjelang Idul Adha, Tetap Siaga!

- 16 Juni 2024, 13:41 WIB
Tangkapan layar kondisi terkini gunung Marapi yang terlihat tenang sehari menjelang Hari Raya Idul Adha. PVMBG tetap menghimbau masyarakat tetap waspada
Tangkapan layar kondisi terkini gunung Marapi yang terlihat tenang sehari menjelang Hari Raya Idul Adha. PVMBG tetap menghimbau masyarakat tetap waspada /Marawatalk/Magma Indonesia/

 

MARAWATALK - Aktivitas gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terpantau tidak menunjukkan aktivitas magma yang memiliki intensitas tinggi sehari menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah/2024 Masehi yang jatuh pada Senin 17 Juni 2024.

Dipantau dari laman Magma Indonesia milik Kementerian ESDM, pada Minggu 16 Juni 2024 periode 00:00-06:00 WIB, Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-I. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang tinggi sekitar 300 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah ke arah timur laut.

Untuk aktivitas kegempaan Marapi, tercatat 1 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 2 mm, dan lama gempa 16 detik. Kemudian 1 kali gempa Vulkanik Dalam dengan amplitudo 1 mm, S-P 1 detik dan lama gempa 9.5 detik dan 1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 0.5 mm, dominan 0.5 mm.

Sementara, untuk kondisi cuaca terpantau cerah hingga mendung, angin lemah ke arah timur laut dengan suhu udara sekitar 20.3-21.7°C, kelembaban 85.4-88.3% serta tekanan udara 681.3-681.5 mmHg.

Baca Juga: IN FOKUS Rentang Waktu Erupsi Gunung Api di Indonesia Berdekatan, Ada Hubungan dengan Marapi di Sumbar?

Tetap Siaga! Ini 5 Rekomendasi PVMBG terkait Aktivitas Marapi di Agam

Grafik kegempaan gunung Marapi di Sumbar sejak 90 hari terakhir
Grafik kegempaan gunung Marapi di Sumbar sejak 90 hari terakhir

Baca Juga: MARAPI Meletus Lagi Kamis Siang, Ikuti Rekomendasi PVMBG Agar Anda Selamat!

Meskipun gunung Marapi tidak menunjukkan aktivitas yang tinggi namun kepada masyarakat tetap dihimbau selalu waspada, khususnya terhadap potensi banjir lahar dingin yang bisa terpicu sewaktu-waktu jika ada kondisi cuaca buruk di bagian hulu sungai di gunung api tersebut.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: BMKG PVMBG Magma Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah