RESIDU Pestisida dan Formalin Dipastikan Bebas dari Pangan Konsumsi Masyarakat, Pemkab Agam Lakukan Hal Ini!

- 14 Juni 2024, 18:17 WIB
Pemkab Agam pastikan pangan dikonsumsi masyarakat dipastikan aman dari pestisida dan formalin
Pemkab Agam pastikan pangan dikonsumsi masyarakat dipastikan aman dari pestisida dan formalin /Marawatalk/Ist

MARAWATALK- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pastikan pangan dikonsumsi masyarakat daerah setempat, bebas dari residu pestisida dan formalin. Hal tersebut dipastikan dengan pengujian sampel pangan segar ke sejumlah pasar.

Kepala DKPP Agam, Rosva Deswira menegaskan menjaga keamanan pangan masyarakat, merupakan komitmen pemerintah daerah setempat. Sebagai langkah konkrit, pihaknya telah melaksanakan pengujian menggunakan rapid test pestisida dan formalin.

Kolaborasi dengan Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Agam menjadi motor utama dalam pelaksanaan pengujian. Komoditas menjadi fokus pengujian meliputi cabai merah keriting, cabai rawit, wortel, bawang merah, bawang putih, ikan kembung, daging ayam, serta berbagai produk pangan lainnya.

"Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa semua sampel yang diuji negatif residu pestisida dan formalin. Ini membuktikan pangan dikonsumsi aman," ucapnya.

Baca Juga: MASA TRANSISI Pascabencana Ditetapkan, Pemkab Agam Pastikan Proses Pemulihan

Menurutnya, Keamanan pangan merupakan tanggung jawab kolektif yang membutuhkan pengawasan dan pengujian secara rutin. Tindakan ini menjadi kunci dalam memastikan bahwa semua produk pangan dikonsumsi masyarakat terjamin keamanannya dan bebas dari bahan berbahaya.

Harapkan kesadaran masyarakat

Rosva Deswira berharap agar kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan pangan terus meningkat. Sehingga akan mendorong para pedagang untuk secara konsisten menjual produk pangan yang aman dan bermutu tinggi.

Selain itu, dia juga mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja luar biasa yang telah ditunjukkan oleh OKKPD di bawah naungan DKPP. Hal tersebut dengan dedikasi dan profesionalisme yang mereka tunjukkan.

Baca Juga: Tangani Dampak Bencana Alam, Pemkab Agam Terima DSP dari BNPB

"Diharapkan mereka dapat terus bekerja dengan semangat yang sama untuk menjamin keamanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Agam," ulasnya.***

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah