Atasi Dampak Bencana di Sumbar, Presiden Jokowi Instruksikan Ini!

- 22 Mei 2024, 13:52 WIB
Presiden RI Joko Widodo Instruksikan hal krusial tangani dampak bencana
Presiden RI Joko Widodo Instruksikan hal krusial tangani dampak bencana /Marawatalk/

MARAWATALK- Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah memberikan serangkaian instruksi dan arahan yang komprehensif dalam rangka mengatasi dampak dari bencana alam di Sumatera Barat.

Instruksi tersebut meliputi aspek penting seperti memastikan bahwa pasokan logistik bagi para pengungsi telah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Selain itu, Jokowi juga memberi arahan dalam upaya pencarian korban yang masih belum ditemukan harus terus diintensifkan dengan penuh dedikasi dan sumber daya memadai.

Baca Juga: PRESIDEN Jokowi Inspeksi Langsung ke Lokasi Bencana Banjir Lahar Dingin di Agam

"Logistik harian untuk para pengungsi saya lihat masih baik dan logistiknya juga mencukupi hingga tiga minggu ke depan," kata Presiden dalam khusus di Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Selasa 21 Mei 2024.

Presiden sorot kebutuhan pembangunan

Salah satu aspek krusial yang disorot oleh Presiden Joko Widodo adalah kebutuhan akan pembangunan sabo dam tambahan sebagai langkah preventif dalam menghadapi potensi ancaman lahar dingin yang dapat terjadi akibat bencana alam.

Menurut perhitungan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum, diperlukan sebanyak 56 sabo dam tambahan guna memperkuat sistem perlindungan masyarakat dan infrastruktur dari potensi bahaya tersebut.

"Tahun ini harus dimulai, terutama di tempat yang sangat penting. Tadi saya sudah perintahkan Pak Dirjen, nanti saya juga akan perintahkan ke Menteri PU," ungkapnya.

Kunjungan Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana menandakan komitmen pemerintah dalam menanggulangi bencana alam serta memberikan dukungan kuat kepada warga terdampak di Provinsi Sumatra Barat.

Sebelumnya, dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi juga secara simbolis menyerahkan bantuan stimulan untuk perbaikan rumah bagi warga yang rumahnya rusak akibat bencana.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah