Bagi-bagi Sembako Turunkan Stunting, Legislator: ini hanya Buang-buang Anggaran

- 17 Oktober 2023, 06:05 WIB
Ilustrasi bagi-bagi sembako dalam rangka mencegah stunting
Ilustrasi bagi-bagi sembako dalam rangka mencegah stunting /WAHYU PUTRO A/ANTARA FOTO

MARAWATALK - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengkritik adanya lembaga dan unsur pemerintah yang memberikan bantuan sembako rendah gizi untuk menurunkan prevalensi stunting.

Hal itu disampaikannya menyikapi soal mengatasi soal stunting yang harus disikapi dengan serius dan sungguh-sungguh. Kata dia, tidak bisa diselesaikan dengan instan.

"Stunting adalah persoalan bangsa yang penyelesaiannya membutuhkan kerja serius dan sungguh-sungguh," kata Netty dalam keterangannya, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Tidak bisa diselesaikan instan dengan bagi-bagi sembako. Apalagi jika isinya makanan minim gizi," lanjut dia menegaskan.

Baca Juga: PBB Disebut Alami Kelumpuhan Akut Ketika Hadapi Kejahatan Israel

Ungkap Netty, dirinya masih menemukan adanya program penurunan stunting yang tidak relevan.

"Kurang relevan dan agak aneh jika masih ada unsur pemerintah yang memberikan bantuan guna pencegahan stunting dalam bentuk makanan minim gizi, seperti, mie instan, susu kental manis, atau makanan kemasan lainnya yang rendah gizi," jelas Politisi Fraksi PKS ini.

Baca Juga: Agresi di Gaza, 11 Jurnalis Dibunuh dan 50 Kantor Media di Bom Tentara Israel

Atasi stunting dengan pola edukasi

Menurut dia, pemerintah harus fokus pada program pencegahan stunting di hulu dengan melakukan edukasi pola hidup sehat dan memberikan dukungan fasilitas untuk calon pengantin dan ibu hamil seperti air bersih, jamban sehat, makanan berprotein tinggi serta lingkungan bebas asap rokok.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah