Sambut HUT TNI Ke-78, Kodim 0305 Pasaman Gelar Bakti Sosial Donor Darah

- 24 September 2023, 19:45 WIB
Acara bakti sosial donor darah yang dilaksanakan di Objek Wisata Peridon Siap Maju, Jorong Aek Nabirong, Nagari Pamatang Panjang, Kecamatan Koto Balingka, pada Minggu, 24 September 2023.
Acara bakti sosial donor darah yang dilaksanakan di Objek Wisata Peridon Siap Maju, Jorong Aek Nabirong, Nagari Pamatang Panjang, Kecamatan Koto Balingka, pada Minggu, 24 September 2023. /MARAWATALK/ Irfan/

MARAWATALK - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Yentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang, Kodim 0305 Pasaman dibantu Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat (Pasbar), Sumbar menggelar bakti sosial berupa donor darah.

Acara bakti sosial tersebut dilaksanakan di Objek Wisata Peridon Siap Maju, Jorong Aek Nabirong, Nagari Pamatang Panjang, Kecamatan Koto Balingka, pada Minggu, 24 September 2023.

Koordinator acara Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0305 Pasaman, Letda Inf Afriyon mengatakan bakti sosial berupa donor darah Donor itu merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT TNI ke-78.

Baca Juga: Terhadap Warisan Leluhur di Solok Selatan, Pegiat Seni Budaya Butuh Wadah dan Dukungan 

"Ada sebanyak 90 orang peserta donor darah yang mengikuti, mereka terdiri dari 55 orang prajurit TNI, 30 orang prajurit Polri, 5 orang dari Persit serta sebanyak 47 orang dari kalangan Pers," kata Letda Inf Afriyon di lokasi.

Dia menyebut, dari hasil donor tersebut di peroleh berbagai jenis golongan darah, yaitu sebanyak 15 kantong golongan darah A, 17 kantong golongan darah B, dan sebanyak 15 kantong golongan darah O.

Bakti sosial berjalan lancar

Namun kata dia, ada beberapa pendonor tidak bisa melakukan donor hal itu disebabkan tensi tinggi diatas 140 mHg dan mengalami tensi rendah di bawah 90 mHg.

Kemudian, disebabkan Hb rendah di bawah 12 g/dL dan Hb tinggi di atas 17 g/dL, serta peserta yang baru mendonor di bawah 3 bulan.

Dengan terselenggaranya dengan baik kegiatan bakti sosial itu, Letda Inf Afriyon mewakili insitusi mengucapkan terima kasih atas semua dukungan semua stakeholder.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x