Cuaca Buruk, BMKG Rilis Peringatan Waspada Gelombang Tinggi di Sumatera Barat

- 4 Juli 2023, 19:42 WIB
Peta Klimatologi yang diterbitkan BMKG Sumatera Barat, berlaku hingga Rabu (05/07)
Peta Klimatologi yang diterbitkan BMKG Sumatera Barat, berlaku hingga Rabu (05/07) /

 

MARAWATALK--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat menerbitkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang kemungkinan akan memicu gelombang tinggi di sepanjang perairan pesisir barat provinsi itu.

Dalam edaran yang disebarkan secara luas pada Selasa (04/07), dinyatakan pada pukul 17:45 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat sekitarnya.

Untuk prakiraan kondisi cuaca maritim perairan Sumatera Barat untuk pada 04 Juli 2023 pukul 19.00 WIB hingga 05 Juli 2023 pukul 07.00 WIB. 

Baca Juga: Bupati Pasbar Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

BMKG menerbitkan Peringatan Dini Waspada gelombang laut Sedang dengan ketinggian 1.25 - 2.50 meter yang berpotensi terjadi di wilayah perairan Sikakap.

Kemudian Waspada gelombang laut Tinggi dengan ketinggian 2.00 - 4.00 meter yang berpotensi terjadi di wilayah perairan Utara Siberut.

Selanjutnya Waspada gelombang laut Sangat tinggi dengan ketinggian 4.00 - 6.00 meter yang berpotensi terjadi di wilayah perairan barat Kepulauan Mentawai hingga perairan Samudera Hindia barat Sumatera Barat.

Berikutnya Waspada kondisi angin kencang yang bertiup dengan kecepatan diatas 20 knot yang berpotensi terjadi di wilayah Perairan barat Bengkulu hingga perairan Samudera Hindia barat Sumatera Barat. 

Baca Juga: PMI Ingatkan Potensi Kebencanaan Akibat Cuaca Panas

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x