Bagaimana Spesifikasi Pesawat Tempur Golden Eagle T50i yang Terjatuh di Blora? Berikut Penjelasannya

- 19 Juli 2022, 11:37 WIB
Dokumetasi Pesawat T-50i Golden Eagle.
Dokumetasi Pesawat T-50i Golden Eagle. /Dispen AU/Pelanud Iswahjudi

RANAH PADANG - Pesawat Tempur T50i Golden Eagle merupakan salah satu pesawat tempur canggih milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU).

Pesawat dengan nomor penerbangan TT-5009 tersebut diketahui mengalami kecelakaan dan terjatuh di Desa Nginggil, Kradenan Blora, Jawa Tengah pada Senin 18 Juli 2022 malam.

Pesawat tersebut diketahui tengah melakukan latihan tempur malam atau Night Tactical Intercept dan mengalami kecelakaan.

Dikutip RanahPadang.com dari laman TNI AU, T50i Golden Eagle merupakan pesawat latih tempur canggih buatan Korea Selatan-Amerika Serikat.

Baca Juga: Promo Alfamart Hari Ini Selasa 19 Juli 2022, Hemat Belanja Parfum Hingga Lulur Untuk Perawatan Diri

Pesawat dengan kapasitas dua awak itu juga dikenal sebagai pesawat latih (trainer) supersonik atau pesawat latih lanjutan bagi penerbang tempur.

Pesawat jet serang ringan ini dilengkapi sistem avionik digital, persenjataan dan Radar Warning Receivers (RWR) sehingga mampu mendeteksi keberadaan musuh dari segala arah.

Secara umum, T-50i ini memiliki kapasitas dua orang kru dengan panjang 13.01 meter dan tinggi 4.87 meter.

Lebar sayap pesawat yang dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries dengan bantuan Lockheed Martin itu mencapai 9.4 meter dengan berat kosong 6.441 kilogram.

Halaman:

Editor: Halbert Caniago


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah