EKONOMI DIGITAL Ada Infratstruktur Teknologi di Desa, Begini Dampak Signifikan Program Strategis Kominfo

- 17 Februari 2024, 07:14 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi /

 

MARAWATALK-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan enam program kerja strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diklaim telah membawa dampak dan perubahan bagi masyarakat serta sektor strategis secara signifikan.

Dikutip dari laman Info Publik, pada Sabtu 17 Februari 2024, program tersebut meliputi penyediaan infrastruktur seluler di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), fasilitas jaringan seluler 4G di daerah non-3T, fasilitas jaringan seluler 4G di daerah non-3T, (DTS), literasi digital, fasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan pelaku perusahaan rintisan (startup).

"Di antaranya (program) penyediaan infrastruktur telekomunikasi seluler di daerah 3T telah meningkatkan 0,9 persen pertumbuhan ekonomi desa. Fasilitas jaringan seluler 4G di daerah non-3T telah meningkatkan 2,6 persen pertumbuhan ekonomi desa, serta secara khusus desa di Pulau Sumatra, Jawa dan Bali tumbuh sebesar 11,6 persen," ulas Menteri Budi Arie.

Menurutnya, Kementerian Kominfo bersama Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) telah melakukan analisa dampak pada enam program prioritas kementerian pada 2022 lalu.

Berdasarkan analisa tersebut, progam penyediaan akses internet telah menghasilkan peningkatan nilai rata-rata ujian nasional untuk siswa SMA IPA dan IPS masing-masing sebesar 9,70 persen dan 9,66 persen.

“Serta kebutuhan kejadian luar biasa di sektor kesehatan sebanyak 3,2 persen," tuturnya.

Baca Juga: EKONOMI DIGITAL 5 Perusahaan Startup asal Indonesia Sukses Menangkan Penghargaan Asian Digital Awards 2024

Program Digital Talent Scholarship (DTS) Mampu Tingkatkan Literasi Digital

Ilustrasi e-commerce atau belanja online.
Ilustrasi e-commerce atau belanja online.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x