KD Minta Pemerintah Tekan Gizi Buruk, Pemkab Pasbar Diingatkan Pemprov Soal Stunting

- 14 Oktober 2023, 07:35 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti (KD)
Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti (KD) /Parlementaria/

MARAWATALK - Anggota Komisi IX DPR RI Kris Dayanti (KD) mengingatkan komitmen Pemerintah untuk menekan permasalahan gizi buruk pada anak demi terwujudnya program generasi emas 2045.

Hal ini menurut dia, lantaran masih ada banyak anak Indonesia yang ditemukan mengalami kendala kekurangan gizi, baik itu gizi buruk maupun permasalahan stunting.

"Gizi buruk pada anak adalah masalah serius yang mengancam generasi penerus bangsa. Meskipun ada perbaikan sejak beberapa tahun terakhir, upaya lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi masalah ini," kata Kris Dayanti dalam keterangan tertulisnya, pada Kamis lalu, 12 Oktober 2023.

Baca Juga: Presiden Prancis akan Lakukan Apapun untuk Bebaskan Sandera Hamas di Gaza

Dia mengaku, DPR menemukan masih cukup banyak anak-anak di berbagai daerah yang mengalami gizi buruk. Bahkan sampai kondisinya cukup memprihatinkan, seperti adanya anak dengan gizi buruk yang baru-baru ini terungkap di Banyumas, Jawa Tengah.

lanjut dia, seorang bocah berusia 9 tahun bernama Aldila Dwi Alfian mengalami gizi buruk sehingga tubuhnya hanya tinggal tulang berbalut kulit. Bocah yang hidup di lingkungan keluarga miskin ini tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan keluarganya pun tidak termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga: 413 Orang PPPK Formasi Tahun 2022 di Pasbar Akhirnya Terima SK Pengangkatan

Pendataan di daerah kurang maksimal

Komisi IX DPR RI yang membidangi urusan kesehatan itu pun merasa prihatin atas kondisi Aldila Dwi Alfian. Kris Dayanti juga menyinggung bagaimana keluarga Aldila sampai tidak masuk dalam daftar penerima bantuan.

"Pemerintah pusat sudah menyiapkan program yang sangat baik. Tapi sering kali urusan pendataan di daerah kurang maksimal sehingga yang seharusnya bisa mendapat bantuan, justru malah tidak terjangkau. Ini yang perlu diperbaiki," tegas Kris Dayanti.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x